Sponsors Link

7 Vitamin Tulang untuk Ibu Menyusui Paling Aman

Sponsors Link

Vitamin sangat berperan penting pada proses perkembangan sang bayi. Agar bisa tumbuh secara optimal, bayi memerlukan beragam jenis vitamin. Kekurangan jenis vitamin tertentu bisa saja meningkatkan risiko besar seperti munculnya penyakit dan tentunya akan sangat mengganggu tumbuh kembang bayi. Bicara tentang hal ini, tentunya anda mengerti apa yang paling di butuhkan oleh seorang bayi.

ads

Ya, ASI adalah salah satu mineral susu murni yang di butuhkannya. ASI merupakan sumber vitamin untuk pertumbuhan tulang bayi paling utama yang diperoleh bayi sejak awal kelahirannya. Oleh karena ASI tersebut sangat penting, maka seorang ibu harus benar-benar menjaga keseimbangan gizi. Selain bagus untuk sang ibu, penunjangan nutrisi atau vitamin tersebut juga mampu membantu perkembangan serta kesehatan sang bayi.

Oleh karena itulah Vitamin Tulang untuk Ibu Menyusui harus anda perhatikan pada halaman ini. Dengan mengkonsumsi beberapa vitamin penguat tulang dan sendi, pastinya sang bayi akan tersuplai oleh kalsium murni dan lebih banyak. Sehingga tulang bayi perlahan akan kokoh dan kedepannya akan semakin kuat.

Seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui rutin harus mengkonsumsi makanan sehat kaya vitamin dan mineral. Sebenarnya telah cukup untuk proses menyusui itu sendiri. Tetapi kondisi ibu menyusui bisa berbeda-beda, bahkan sebagian ibu ada yang malah mengalami defisiensi vitamin selepas masa persalinan. Hal itu yang tentunya akan mempengaruhi kualitas ASI yang telah diproduksinya.

Dalam kondisi yang seperti inilah sebaiknya anda konsultasikan pada dokter atau ahli gizi Anda. Tujuannya cukup jelas agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Umumnya dokter akan menambahkan beberapa jenis suplemen makanan guna menggantikan kekurangan vitamin yang telah dialami. Berikut ini adalah Vitamin Tulang untuk Ibu Menyusui.

  1. Vitamin A

Ibu yang sedang dalam masa menyusui disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak vitamin A dalam dietnya, mengapa? Karena vitamin ini sangat penting untuk perkembangan penglihatan serta sistem imun bayi hingga tulang. Sedangkan untuk orang dewasa, vitamin A yang disarankan yakni sekitar 700 mcg/hari. Sementara untuk ibu yang menyusui ditambahkan menjadi sekitar 1.200 – 1.300 mcg per harinya. Meski begitu, Anda perlu hati-hati juga sebab kelebihan Vitamin A dapat menyebabkan patah tulang.

  1. Vitamin B1

Di dalam proses awal perkembangan sang bayi, vitamin B1 atau thiamin sangat penting fungsinya dalam meningkatkan sel untuk pembentukan energi tubuh. Vitamin ini berperan dalam banyak proses metabolisme tubuh dan juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan sel saraf.

vitamin B1 secara umum bagi ibu menyusui yakni membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan memori pada bayinya. Selain itu, vitamin ini juga termasuk salah satu vitamin untuk tulang rawan yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan efek baik yang maksimal.

  1. Vitamin B2

Selain B1, vitamin B2 juga tak kalah penting di konsumsi oleh ibu menyusui. Vitamin ini yang dikenal juga dengan riboflavin, yang mana berperan penting dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh. Memenuhi kebutuhan vitamin B2 sama artinya anda menjaga kadar hemoglobin untuk sang bayi tetap optimal.

Vitamin ini bekerjasama dengan antioksidan guna meminimalisir terjadinya kerusakan dan juga untuk menjaga sel-sel tubuh tetap sehat. Adapun produksi sel darah merah yang sehat pastinya akan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan vitamin ini. Sel darah merah sendiri juga cukup berperan penting dalam tubuh dimana ketika mengalami tidak kestabilan, maka akan timbul nyeri kaki pada pasien thalasemia, ciri-ciri radang sendi, dan beberapa penyakit lainnya.

  1. Vitamin B12

Vitamin Tulang untuk Ibu Menyusui lainnya yakni berupa vitamin B12. Vitamin ini sangat penting peran serta fungsinya di dalam pembentukan material genetik sel yang berupa DNA dan juga RNA. Sehingga hal itu penting sekali untuk perkembangan buah hati anda. Vitamin ini juga berperan vital selama pembentukan protein yang menjadi material cukup penting pertumbuhan bayi.

Sponsors Link

  1. Vitamin B6

Masih dengan jenis vitamin tipe B. Vitamin B6 tak kalah penting membantu menyuplai nutrisi ibu yang sedang dalam masa menyusui. B6 membantu tubuh untuk membentuk neurotransmiter yang tugasnya berperan penting menyalurkan sinyal dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya. Otak dan sumsum tulang belakang bayi inilah dikala sedang tumbuh juga sangat memerlukan vitamin B6 tersebut. Selain B6, berikut vitamin untuk sumsum tulang belakang lainnya yang perlu diketahui.

  1. Vitamin B3

Vitamin B3 disebut juga dengan niasin, berperan cukup penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf serta membantu produksi kelenjar penting dan hormon tubuh. Vitamin ini nantinya akan membantu tubuh untuk mengurangi inflamasi terutama saat terjadi infeksi pada bayi. Jadi seorang ibu yang sedang menyusui harus mengkonsumsi vitamin B3.

  1. Kalsium

Kalsium juga termasuk salah satu nutrisi tak kalah penting. Justru kalsium inilah yang mampu menyuplai ASI ibu dengan sangat baik. Sehingga bayi juga akan mendapatkan suplai kalsium dari air susu ibu. Kalsium sangat penting untuk memperkuat tulang, apalagi untuk anda yang telah melahirkan, otomatis tulangnya menjadi lebih lunak. Sebagai rekomendasi, berikut makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Setelah melahirkan tentunya banyak apa-apa yang harus di perhatikan. Terutama untuk bayi yang masih sangat muda tulangnya. Sebagai orang tua, anda harus bisa memberikan yang terbaik. Dengan melihat beberapa hal dari vitamin di atas, mulailah memahami bahwa nutrisi bayi anda sangat tergantung pada ASI. Apalagi untuk anda sendiri, pasca melahirkan kondisi tulang akan lentur kembali.

Salah satu yang bisa anda lakukan untuk memperkuat tulang anda yakni dengan mengkonsumsi vitamin di atas. Demikian informasi mengenai Vitamin Tulang untuk Ibu Menyusui, mulailah memperhatikan hal kecil untuk menunjang waktu ke depan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 24th, October 2018 / 23:52 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang