Sponsors Link

Tulang Bokong Sakit Saat Hamil: Ciri-ciri, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Setiap pasangan suami isteri tentu mendambakan kehadiran buah hati. Kehamilan menjadi momen yang paling di nantikan oleh keduanya, baik untuk yang pertama atau kesekian kalinya. Akan tetapi kehamilan selalu identik dengan beberapa efek samping yang umum di rasakan calon ibu. Ada banyak kondisi yang akan mereka rasakan, ada nyeri tulang kemaluan saat hamil, tulang rusuk sakit ketika hamil, tulang ekor sakit saat hamil 9 bulan, dan masih banyak lagi yang lain. Salah satu yang sering di keluhkan juga yaitu tulang Bokong sakit saat Hamil, mungkin anda pernah mendengarnya?

ads

Sakit yang terjadi pada tulang bokong adalah hal umum di temukan dengan persentase 50-80% wanita yang sedang hamil. Berdasarkan keluhan yang beberapa orang kemukakan, kemungkinan kondisi ini terjadi karena pelvic grindle pain atau PGP. PGP sendiri disebabkan oleh kekakuan sendi panggul. Pada masa kehamilan, tentu saja tubuh akan memproduksi hormon relaksin.

Hormon relaksin inilah yang sangat berguna untuk melenturkan ligamen (jaringan antar sendi) sehingga mempermudah proses kelahiran sang bayi. Akan tetapi hal itu ternyata membuat pergerakan antar sendi ibu justru lebih tidak stabil. Akibatnya hal itu menyebabkan tulang bokong ibu ketika hamil terasa sakit. Selain itu, hormon ini juga bisa menjadi penyebab nyeri pada tulang vagina.

PGP sendiri dapat terjadi pada awal kehamilan atau bisa juga baru muncul ketika kehamilan trimester akhir. Adapun yang memperberat PGP yakni perubahan posisi meliputi:

  • Berguling-guling di kasur
  • Naik tangga
  • Duduk dan sering berdiri dari duduk dengan sering seperti di dalam mobil dan di bak kamar mandi
  • Angkat benda dengan beban berat
  • Sering membungkuk

Tulang bokong sakit saat Hamil menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas, tentu saja anda tidak nyaman jika mengalaminya. Bicara tentang kasus seperti ini, bahaya atau tidaknya akan sangat penting untuk di ketahui. Namun sebelumnya anda perlu tahu bagaimana ciri-ciri dari tulang bokong yang sakit ketika hamil:

  • Timbul Rasa Sakit – Mengalami rasa sakit yang cukup menusuk pada area pinggul serta bokong pada saat sedang berjalan
  • Nyeri – Merasakan nyeri pada saat berlari
  • Tidak Nyaman – Hilangnya kenyamanan saat duduk sehingga penderita tidak bisa jika harus duduk lebih dari setengah jam

Lalu, bahaya atau tidak kondisi seperti ini?

Sebetulnya bisa menjadi dua kemungkinan itu sendiri, bahaya atau tidak. Tidak ada akibat tanpa adanya sebab. Jika rasa sakit tersebut tidak berlangsung lama dan tidak sangat menyiksa, bisa di bilang masih umum dan tidak berbahaya. Akan tetapi apabila anda merasakan sakit dengan sangat dan tak tertahankan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan karena di khawatirkan ada gejala yang serius dan membahayakan.

Berikut ini adalah lampiran tentang perawatan untuk kondisi Tulang Bokong Sakit Saat Hamil:

Ada beberapa jenis perawatan yang bisa di ambil pasien sebagai cara mengatasi bokong sakit ketika masa hamil. Diantaranya adalah perawatan secara medis, perawatan tradisional dan masih banyak lagi. Untuk diketahui bahwa perawatan secara medis hanya disarankan apabila sang ibu telah mengalami rasa sakit pantat yang parah dan sampai menyebabkan ibu sulit untuk melakukan istirahat. Dokter bisa saja memberikan obat untuk anda yang bisa mengurangi rasa nyeri seperti opioid, oksidon dan hidrokodon.


Sedangkan perawatan tradisional dirumah mungkin bisa di sebut pengobatan yang alami. Tetapi tentu saja cara ini berbeda dengan perawatan medis. Perawatan sakit bokong saat masa hamil tua memang di perlukan, tetapi jika sang ibu merasa sakit tersebut tidak terlalu berat. Adapun perawatan tradisional ini adalah sebagai berikut:

  • Perendaman Kaki

Rendam kaki dengan menggunakan air hangat. Sebagai ibu hamil anda bisa mencoba untuk merendam kaki dengan air hangat, sehingga pada bagian bawah sampai dengan atas akan menjadi lebih nyaman. Selain itu anda  juga bisa mengompres bagian pinggang sampai pada bagian pantat dengan menggunakan botol kaca yang sudah diisi dengan air hangat. Tidak hanya itu saja, perendaman ini juga dapat mengobati otot betis ketarik saat tidur, obat kaki bengkak setelah operasi, dan beberapa hal lainnya.


  • Memperhatikan Posisi Duduk

Saat hamil, tingkah laku dan cara bertindak ibu sangat di perhatikan. Pada kondisi tulang Bokong sakit saat Hamil ini, usahakan anda tidak sembarangan duduk. Hindari duduk dan juga berdiri lama. Ketika tulang ekor Anda juga sakit, maka cara mengobati tulang ekor sakit saat duduk ini dapat membantu pengobatan Anda.

  • Perawatan Sciatica

Untuk perawatan sebagai pengobatan lainnya adalah dengan sciatica. Apabila seorang ibu memang sudah menderita sciatica maka mereka memang harus mendapatkan perawatan dari dokter. Salah satu perawatan sciatika ini adalah penggunaan korset. Anda harus benar-benar mengantisipasi hal ini sebab kalau sampai parah, bisa menyebabkan tulang ekor bengkok.

Untuk beberapa macam cara tersebut bisa menjadikan solusi yang tepat untuk ibu-ibu hamil yang sering mengeluh dengan kondisi bokong sakit atau nyeri. Keadaan yang mengganggu seperti ini merupakan kondisi yang terbilang wajar dan banyak di alami wanita di masa hamil tua khususnya, namun semuanya juga harus diperhatikan dan perlu melakukan perawatan supaya bisa menjadi Ibu Hamil yang sehat dan aktif dalam beraktivitas sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 14th, August 2018 / 23:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang