Sponsors Link

8 Macam Vitamin Tulang untuk Bayi 7 Bulan

Sponsors Link

Vitamin sangat penting sekali bagi tubuh, baik dewasa ataupun masih bayi. Bahkan sejak terlahir di dunia seorang bayi harus mendapat asupan gizi seimbang dan salah satunya bisa di berikan vitamin. Misalnya adalah untuk bayi yang berusia 7 bulan, ini adalah masa dimana bayi sudah cukup layak mendapat asupan nutrisi baik dan seimbang. Khususnya dalam hal ini adalah vitamin untuk menunjang tulang agar tetap kuat.

ads

Apa saja Vitamin Tulang untuk Bayi 7 Bulan? Pastinya ada banyak sekali, dan anda sebagai orangtua haruslah lebih tahu vitamin apa saja itu. Perlu anda ketahui juga mengapa bayi perlu asupan vitamin penguat tulang dan sendi, karena di usianya yang masih sangat muda mempunyai tulang cukup lunak. Sehingga di butuhkan vitamin tulang untuk memperkuat kondisi tersebut. Bisa anda lihat dari kehidupan sehari-hari, bayi seringkali mengalami keluhan pada tulang. Mulai dari tulang belakang bayi melengkung, tulang bayi sering bunyi, tulang punggung bayi menonjol saat duduk, dan masih banyak lagi ragam lainnya.

Oleh sebab itulah guna menunjang waktu ke depan di perlukan vitamin ini. Tulang yang lunak bisa beresiko besar kemudian waktu, misalnya seperti osteoporosis. Akibatnya tulang perlahan rapuh dan cepat patah. Tidak ingin hal itu terjadi pada bayi anda? Simak berikut ini tentang Vitamin Tulang untuk Bayi 7 Bulan.

  1. Vitamin D

Tahukah anda pentingnya vitamin D bagi bayi? Mungkin sebagian telah paham dan sebagian lagi harus kembali di jelaskan. Perlu anda cermati bahwa Vitamin Tulang untuk Bayi 7 Bulan adalah vitamin D. Adapun salah satu yang bisa di berikan pada bayi untuk mendapatkan vitamin D secara langsung adalah menjemur di bawah sinar matahari. Sumber inilah yang memberikan nutrisi vitamin D alami dan cukup banyak. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai khasiat dari vitamin ini dapat diketahui pada manfaat dan fungsi vitamin D untuk tulang berikut.

Sinar matahari di pagi hari dapat membantu pembentukan vitamin D di kulit serta juga mengurangi risiko terkena gangguan pertumbuhan tulang atau (ricketsia). Usahakan anda menjemur bayi sebelum pukul 8 pagi selama kurang lebih 10-15 menit. Selain itu yang perlu di perhatikan lainnya yakni posisi telentang, telungkup atau bergantian dan hindarkan matanya dari sinar dengan dipangku dan ditunggui.

  1. Vitamin C

Bukan hanya vitamin D saja yang di perlukan oleh tulang bayi yang masih berusia 7 bulan. Namun dalam hal ini vitamin C juga sangat berperan penting. Kerangka jaringan ikat di dalam tubuh yang kaya akan kolagen adalah hasil pengendapan keras dari senyawa kalsium dari hasil proses pembentukan tulang pada manusia.

Lalu, vitamin C inilah nutrisi yang sangat penting di dalam tubuh untuk membantu produksi kolagen, serta membantu fungsi sel blast osteo yang diperlukan untuk menjadikan tulang baru menjadi lebih kokoh. Adapun sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti stroberi, nanas, dan masih banyak lagi.

  1. Vitamin K

Tulang bayi yang masih di usianya 7 bulan harus benar-benar di jaga. Salah satu bentuk anda sebagai orang tua dalam memberikan perhatian adalah menyuplai dengan vitamin K. Mengapa? Karena vitamin K telah menjadi vitamin selanjutnya yang dibutuhkan dalam peningkatan kepadatan mineral tulang dan termasuk salah satu jenis vitamin untuk tulang rawan terbaik. Selain itu juga membantu mencegah terjadinya patah tulang serta meningkatkan fungsi pembentukan tulang baru karena menarik kalsium dari darah menuju ke tulang.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 bisa anda berikan pada sang bayi. Vitamin B12 adalah vitamin yang mampu menutrisi tulang bayi melalui tubuhnya. Vitamin ini yang akan menjadikan tulang lebih kuat. B12 merupakan vitamin untuk tulang anak 1 tahun yang sebaiknya diberikan secara rutin.

  1. Kalium

Peran kalium di dalam tubuh yakni membantu keseimbangan alkali di dalam tubuh, yang kemudian mempertahankan massa tulang sang bayi. Hal ini juga dapat mencegah kalsium terbuang dari tubuh, dimana diperlukan untuk memperkokoh tulang. Adapun contoh makanan yang mengandung kalium seperti saus tomat, alpukat, yogurt dan masih banyak lagi.

Sponsors Link

  1. Magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral yang paling penting disamping dengan kalsium untuk kesehatan dan kepadatan tulang. Magnesium juga bisa membantu membangun daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit terkait tulang seperti skoliosis, lordosis ataupun kifosis. Asupan seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau akan menjadi sebagai makanan yang kaya magnesium. Perlu diketahui bahwa untuk magnesium ini juga merupakan salah satu zat gizi menguatkan tulang punggung yang sangat baik untuk dikonsumsi segala usia.

  1. Kalsium

Mungkin jika bicara mengenai kalsium anda cukup hafal. Banyak yang mengerti bahwa kalsium memang penting dan di butuhkan oleh tulang tubuh. Sama seperti magnesium, kalsium juga merupakan mineral penting yang anda butuhkan agar tubuh bayi anda dapat berfungsi dengan cukup baik. Berikut adalah fungsi utama dari kalsium dalam tubuh:

  • Tulang

Tulang bayi yang usianya 7 bulan masih cukup rentan, dan lentur. Pentingnya kalsium inilah yang akan membentuk tulang bayi anda kokoh.

  • Jantung

Bukan hanya berguna untuk tulang, disamping itu kalsium juga berfungsi bagi jantung. Tujuan kalsium bagi jantung yakni berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan juga berguna untuk membuat detak jantung bayi lebih teratur.

  1. Zinc

Zinc adalah salah satu komponen dari sebuah nutrisi. Setiap orang, baik dewasa atau masih bayi seperti ini memerlukan zink untuk tulangnya. Khususnya bagi bayi yang masih berusia 7 bulan, di perlukan zink sebagai peran pendukung pembentukan sel tulang. Bukan hanya itu saja, peran zinc yang lainnya yakni untuk mencegah terjadinya penghancuran tulang secara berlebihan dan obat untuk pertumbuhan tulang.

Inilah semua Vitamin Tulang untuk Bayi 7 Bulan yang harus anda perhatikan. Semoga informasi ini membantu.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Friday 26th, October 2018 / 23:48 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang