Sponsors Link

27 Cara Terapi Tulang Belakang Yang Bengkok

Sponsors Link

Sakit yang dirasakan pada tulang belakang dikaitkan dengan sakit pada punggung. Sakit yang dirasakan pada tulang belakang biasanya berupa rasa nyeri, mati rasa, atau kebas. Rasa sakitnya akan membuat kita merasa terganggu dan tidak nyaman, serta mengganggu aktivitas. Usia, faktor usia juga dapat menjadi penyebab sakit tulang belakang tengah. Contohnya, kelebihan berat badan, merokok, depresi atau stres yang akan sangat mempengaruhi kesehatan tulang belakang.

ads

Inilah 27 cara terapi tulang belakang yang bisa kalian lakukan diantaranya :

1. Operasi Laminectomy- Operasi ini berkaitan dengan keadaan gangguan syaraf di sekitar tulang belakang karena gangguan abnormalitas pada posisi disk tulang belakang. Akibatnya adalah rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita. (Baca juga: Penyebab Tulang Ngilu)

2. Operasi Discectomy- Operasi Discectomy ini dapat dilakukan apabila sakit pada tulang belakang yaitu dikarenakan adanya tonjolan pada disk dang menggangu syaraf-syaraf di tulang belakang. Akibat yang ditimbulkan juga sama yaitu rasa nyeri yang dialami oleh penderita.

3. Banyak bergerak- Jika telah dirasa bahwa tulang belakang sering sakit, usahakan lah untuk sering bergerak seperti jalan pagi dan senam yang menyehatkan tulang. Karena terapi ini selain menyehatkan sakit tulang belakang, bisa juga untuk menyehatkan tubuh. Membakar lemak, dan bagus untuk paru-paru.

Baca juga:

4. Terapi Akupuntur- Akupuntur yaitu pengobatan dengan cara menempelkan jarum-jarum pada titik tubuh. Hal ini juga bisa digunakan sebagai terapi pada sakit punggung atau tulang belakang. Pengobatan klasik ini mampu menghilangkan rasa sakit yang kalian derita. (Baca juga: Gejala Osteoporosis)

5. Terapi Pijat- Terapi ini cukup umum dikalangan masyarakat, apabila punggung atau tulang belakang sakit akan segera mencari tukang pijat. Tapi haruslah mencari tukang pijat yang benar-benar bisa atau ahli dalam memijat sakit punggung atau tulang belakang kalian.  (Baca juga: Ciri-Ciri Kanker Tulang Belakang)

6. Terapi Suhu- Yaitu dengan cara mengompres punggung dengan kain berisi es batu, kemudian gantilah dengan kompres air hangat. Karena efeknya akan membuat otot kejut, dan mengurangi rasa sakit yang diderita seperti rasa nyeri.

7. Berendam air hangat- Kurang lebih sama dengan terapi suhu. Dengan mandi berendam air hangat mampu membuat otot-otot menjadi rileks, dan menghilangkan pegal-pegal yang dirasakan. Serta mampu mengurangi sedikit demi sedikit rasa nyeri tulang belakang. (Baca juga: Penyakit Tulang Belakang)

8. Terapi Fisik- Terapi ini tidak bisa dilakukan sendirian, kalian harus memiliki instruktur atau seorang yang ahli dalam terapi fisik. Jika kalian melakukan tanpa ada yang memberi arahan, maka kalian justru akan sakit karena salah terapi.

9. Stimulasi Syaraf- Stimulasi syaraf ini yaitu menggunakan listrik tegangan rendah berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang diderita. Hampir sama cara kerjanya dengan teknik terapi akupuntur.

Baca juga:

10. BioFeedBack- Yaitu terapi menggunakan alat yang canggih. Alat ini mampu mengobati sakit pada tulang belakang atau punggung tanpa harus mengkonsumsi obat. Manfaat lainnya yaitu untuk melancarkan peredaran darah.


11. Konsultasi- Jika kalian masih bingung dengan terapi apa yang cocok, maka bisa temui dokter atau psikolog yang bisa memberikan saran atau tempat yang bisa kalian datangi untuk pengobatan. (Baca juga: Cara Meluruskan Tulang Belakang)

12. Suntik Kortikosteroid- Suntik ini dilakukan pada tulang belakang yang berguna untuk mengatasi rasa sakit ataupun nyeri. Namun janganlah sembarangan melakukan penyuntikan harus atas izin dokter.

13. Mengkonsumsi Obat- Mengkonsumsi obat juga harus dibawah anjuran dokter. Seperti penggunaan obat anti depresan untuk menghilangkan rasa sakit akibat sakit tulang belakang yang telah kronis. (Baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium)

14. Supported Back Bend- Yap yaitu terapi Yoga. Terapi yoga ini bisa menjadi salah satu terapi untuk sakit pada tulang belakang yaitu letakkan yoga bolster diatas matras, kemudian berbaring telentang dengan punggung menempel pada bolster.

15. Child Pose- Yaitu dengan cara berlutut, letakkan bolster di antara kaki kalian. Baringkan tubuh hingga badan terasa rileks dan sangat nyaman. (Baca juga: Cara Mengobati Tulang Ekor Sakit)

16. Heart Chakra Opener- Hampir sama dengan yang diatas, yaitu menggunakan bolster. Namun bolster diletakkan di bawah kepala, leher dan tulang belakang.

17. Mengangkat Kaki- Caranya cukup mudah yaitu berbaring, angkat kaki, dan letakkan kaki ke dinding. Lalu, letakkan lah bolster dibawah pantat atau bokong. Jadi, bagian tubuh yang dibawah terangkat. Hal ini dapat mengurangi sakit pada tulang belakang.

Baca juga:

18. Pose Relaksasi- Yaitu pose dimana tubuh telentang, telapak tangan menghadap keatas. Yoga bolster letakkan dibawah lutut, tarik napas perlahan dan buatlah tubuh serileks mungkin.

19. Tung Mei Theraphy- Adalah terapi yang konsen untuk mengobati sakit tulang dan saraf. Terapi ini sangat dianjurkan untuk penderita sakit tulang belakang. Teknik ini berasal dari negara China dan sangat aman.

20. Jangan sembarangan duduk- Terapi selanjutnya adalah dengan memaksimalkan duduk secara benar. Tidak membungkuk, karena bisa menyebabkan tulang bengkok. Usahakan duduklah dengan duduk yang benar, harus segera menyadari bahwa duduk telah salah.

21. Obat Oles- Bisa juga dengan menggunakan obat oles dari resep dokter. Untuk pengobatan dari luar, dan mengurangi rasa sakit. Obat oles bisa seperti menggunakan minyak urut, atau salep untuk bagian punggung.

22. Alat Pengaman Punggung- Menggunakan alat pengaman punggung, ketika hendak melakukan olahraga agar tidak terjadi cidera pada punggung. Dan jangan terlalu dipaksa dalam berolahraga, jika dirasa sudah cukup maka berhentilah dan istrirahat. Karena akan membahayakan kondisi tulang belakang kalian yang sedang sakit. (Baca juga: 26 Cara Agar Badan Tidak Bungkuk lagi Secara Alami)

23. Resep Dokter- Mengkonsumsi obat seperti parasetamol, naproxen sesuai anjuran dokter

24. Pola Tidur-Ubah pola tidur, jika selama ini suka tidur dengan seperti memeluk dengkul. Maka harus ditinggalkan kebiasaan buruk itu. Ubah jadi tidur miring dan letakkan bantal diantara lutut.

25. Aktivitas Sehari-Hari- Hindari aktivitas yang dapat membuat tekanan pada tulang bagian belakang. Seringlah lakukan terapi seperti berjalan dipagi hari. (Baca juga: Obat Penyempitan Tulang Belakang)

26. Kebiasaan Duduk- Ketika dalam masa terapi, ingat juga bahwa jangan biasakan duduk ataupun berdiri dengan membiarkan tulang membengkok atau bungkuk.

27. Makanan yang Baik- Selain terapi di atas, konsumsi juga makanan yang baik untuk tulang. Sehingga ada asupan untuk membantu keadaan menjadi lebih baik hingga sembuh dan sakit tulang belakang jadi hilang.

Itulah 27 cara terapi tulang belakang. Silahkan pilih cara terbaik dari 27 cara terapi tulang belakang untuk mengobati atau mengurangi rasa sakit pada tulang belakang. Jika ingin terapi yang sederhana tanpa mengeluarkan biaya banyak bisa dengan cara berendam air panas, dan seringlah berolahraga dipagi hari. Berjalan pagi, dan sangat baik bagi tubuh. Serta perlu diingat bahwa untuk konsumsi obat, jangan sembarangan, harus sesuai anjuran dari Dokter.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 22nd, August 2017 / 08:20 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang