Sponsors Link

5 Vitamin Untuk Sumsum Tulang Belakang yang Sebaiknya Dikonsumsi Secara Rutin

Sponsors Link

Vitamin untuk Sumsum Tulang Belakang sangat di butuhkan sekali untuk menjaga kesehatannya mengingat organ yang satu ini berperan sangat penting bagi tubuh. Sumsum tulang belakang merupakan saraf yang tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak dan menyelimuti serta dilindungi oleh tulang belakang.

ads

Menjaga kesehatan dari kerusakan sumsum tulang belakang merupakan hal utama yang harus diterapkan, hal ini dikarenakan jika mengalami gangguan kesehatan sumsum tulang belakang, maka bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan.

Sumsum tulang belakang hampir sama pentingnya seperti otak. Tanpa organ ini, akan sulit bagi manusia untuk melangsungkan kehidupan, karena hampir sebagian besar saraf yang menyebar di seluruh tubuh terhubung dengan sumsum tulang belakang yang kemudian baru diteruskan ke otak.

Secara umum fungsi sumsum tulang belakang diantaranya yakni seperti:

  • Menghubungkan otak dengan seluruh tubuh secara langsung
  • Menyampaikan impuls dari otak ke seluruh tubuh
  • Sebagai salah satu pusat gerak refleks tubuh
  • Sebagai sistem transportasi dan juga sistem pertahanan tubuh

Sumsum tulang mampu menghasilkan 500 juta sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh dan menyebarkannya ke seluruh sel-sel. (Baca Juga: Efek Samping Transplantasi Sumsum Tulang Belakang)

  • Penghasil Limfosit

Limfosit adalah komponen sel darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri, kuman, dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk menjaga sumsum tulang sejak dini ini Anda perlu menemukan apa saja Vitamin untuk Sumsum Tulang Belakang. Karena selain pengobatan sumsum tulang belakang atau terapi sumsum tulang belakang yang mana cedera sumsum tulang belakang ini sudah menghampiri diri Anda, pencegahan sumsum tulang bagian belakang ini dapat di lakukan dengan memenuhi pola hidup yang sehat. Salah satu contohnya yakni seperti mengkonsumsi berbagai macam vitamin yang baik untuk melakukan pencegahan .

Di bawah ini adalah beberapa kandungan Vitamin untuk Sumsum Tulang Belakang yang di anjurkan untuk setiap orang agar bisa hidup sehat.

  1. Lentil

Lentil adalah jenis makanan mirip kacang yang sangat baik bagi perkembangan sumsum. Di dalam makanan ini mengandung protein dan asam folat serta vitamin B yang di butuhkan bagi penderita dengan kondisi sumsum tidak stabil. Nutrisi ini juga mampu membantu tulang sumsum membentuk sel-sel darah merah untuk memasok oksigen dalam sel, organ, jaringan tubuh lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan ini, secara otomatis Anda juga sudah menerapkan salah satu cara mencegah osteoporosis yang cukup Ampuh.

  1. Ikan Tuna

Vitamin untuk Sumsum Tulang Belakang lainnya adalah vitamin B yang juga bisa di peroleh dari ikan tuna. Selain vitamin B, ikan tuna juga mengandung fosfor tinggi berguna menjaga kesehatan tulang sumsum.

  1. Sayuran Brokoli
Sponsors Link

Brokoli adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Di dalam brokoli terdapat fosfor yang di nilai bermanfaat dalam membuang racun-racun dalam darah yang nantinya bisa merusak sumsum tulang. Perlu Anda ketahui juga bahwa Brokoli ini juga menjadi salah satu dari 11 makanan untuk mempercepat penyambungan tulang yang bisa di konsumsi secukupnya agar tubuh bisa lebih sehat.

  1. Tahu

Mendengar nama tahu sudah tidak asing lagi, jenis makanan dengan pengolahan bahan dasar kedelai yang di ambil sarinya saja. Selain harganya yang murah, ternyata tahu mengandung banyak protein serta nutrisi lain seperti kalsium, zat besi, dan juga fosfor yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang sumsum belakang.

  1. Asam Folat

Sumsum membutuhkan vitamin atau asupan asam folat yang cukup. Nutrisi ini berguna untuk memproduksi sel darah merah. Pada orang dewasa membutuhkan 0,2 sampai 0,4 miligram asam folat setiap hari dari beberapa jenis makanan seperti beras merah, brokoli, kubis Brussel, bayam, buncis dan sereal.

Sponsors Link

Kurangnya asupan asam folat akan menyebabkan tumbuhnya anemia megaloblastik, yakni kondisi dimana sumsum tulang menghasilkan sel darah merah secara abnormal. Hal ini juga akan menyebabkan sel-sel darah merah akan lebih sedikit, karena merampas sel-sel tubuh dari oksigen dan nutrisi. Tidak hanya itu, ketika tubuh kekurangan asam folat ini kemungkinan tulang belakang menonjol keluar untuk terjadi pada Anda juga lebih besar.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung asam folat untuk kesehatan sumsum tulang:

  • Sayur-sayuran hijau meliputi bayam, asparagus, brokoli, kubis, sawi hijau, lobak hijau, dan juga selada.
  • Buah-buahan meliputi alpukat, jus jeruk, jus tomat, pepaya, pisang, cantaloupe atau melon jingga.
  • Kedelai dan serta jenis kacang-kacangan, meliputi kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, Brussel sprout.
  • Biji-bijian yang meliputi dari gandum dan produk olahan gandum seperti pasta, jagung atau tepung jagung,
  • Hati sapi
  • Olahan susu seperti yogurt dan juga susu

Itulah 5 macam Vitamin untuk Sumsum Tulang Belakang yang bisa Anda konsumsi secara rutin mulai dari sekarang agar tubuh makin sehat dan terhindar dari berbagi macam penyakit. Tidak hanya itu saja, jangan lupa untuk mengetahui semua dampak Positif dan Negatif dari makanan itu sendiri dikarenakan ada beberapa kalangan yang justru alergi terhadap beberapa jenis makanan sehingga ketika mengkonsumsinya, penyakit lain malah akan menghampiri diri Anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 07th, May 2018 / 14:20 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang