Sponsors Link

12 Cara Mengobati Sakit Leher Tidak Bisa Menengok Terbukti Langsung Sembuh

Sponsors Link

Rasa sakit dan masalah tulang leher sering bunyi ini memang kerap kali terjadi dan dialami oleh banyak orang. Biasanya, kekakuan pada bagian leher ini juga akan disertai dengan gejala lainnya seperti sakit pundak, sakit kepala dan bahkan kelemahan pada bagian tangan. Untuk itu sangat disarankan untuk mengenali lebih lanjut mengenai cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok  ini.

ads

Salah satu peneyabab kekakuan pada leher yang menyebabkan kesulitan dalam menengok terjadi akibat masalah tortikolis. Dimana penyakit tortikolis ini merupakan penyakit yang bisa jadi akibat masalah fatal maupun masalah yang tidak terlalu serius. Beberapa penyebab gangguan tersebut dikarenakan penggunaan komputer dalam waktu yang lama, salah posisi ketika tidur maupun stress.

Jika masalah kaku leher ini terjadi akibat masalah yang kurang berbahaya seperti di atas maka biasanya akan hilang dalam waktu kurun harian saja. Namun, jika memang terjadi akibat masalah yang cukup fatal maka perlu diperhatikan penyebab yang berbahaya lainnya dan mengetahui lebih lanjut tentang cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok  ini. Penyebab lainnya yang berhubungan dengan masalah ini seperti:

  • Radang tulang rawan sendi yang ada di leher atau dinamai cervical spondylosis.
  • Peradangan pada cairan sendir atau rematoid artritis
  • Nyeri kepala yang disertai dengan kaku otot leher atau tension headache.
  • Gangguan otot

Sebagai usaha pertama yang biasa dilakukan pada cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok  ini biasanya dilakukan beberapa hal berikut ini :

  • Lakukan kompres menggunakan air dingin setelah 2 – 3 hari pertama saat kaku dirasakan. Kemudian gantikan dnegan kompres air hangat.
  • Gunakan bantal yang rendah.
  • Sebisa mungkin menghindari atau mengurangi aktifitas yang mengharuskan kita untuk menggunakan leher secara terus menerus seperti berkemudi atau menatap layar.

Seperti halnya obat tbc tulang, anda bis amenggunakan obat-obatan pereda nyeri seperti tablet maupun gel pereda nyeri yang bisa didapatkan di toko atau di apotek. Hanya saja jika misalnya hal pertama di cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok  ini tidka berhasil, maka anda harus menggunakan cara lain yang lebih spesifik.

Cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok

Pastinya juga diperlukan pemeriksaan fisik agar bisa mendapatkan diagnosa yang tepat apa sebenarnya yang menyebabkan nyeri dari leher hingga anda sulit untuk menoleh tersebut. Jika memang diakibatkan oleh masalah yang fatal maka nyeri atau sakit leher tersebut harus ditangani dengan serius seperti obat radang otot leher. Hal pertama yang bisa kita lakukan di dalam cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok ini adalah dnegan menggunakan terapi rumahan atau dnegan cara alami, yaitu sebagai berikut:

1. Atasi Serangan Nyeri

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pertama kali dalam cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok ini. Misalnya saja menangani maslaah nyeri yang mungkin sangat menganggu hingga sulit untuk bergerak. Konsumsilah obat-obatan yang bisa mengatasi nyeri seperti obat akromegali. Obat-obatan tersebut adalah jenis obat antinyeri berupa krim atau gel, parasetamol dan ibuprofen.

2. Perbaiki Postur

Mendapati masalah kaku leher hingga nyeri dan kesulitan dalam menoleh pastinya menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi dnegan baik. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah dnegan memperbaiki postur dari leher anda. Jangan menggunakan bantal yang berlebihan yang bisa membuat posisi leher semakin parah. Jangan menggunakan otot leher secara berlebihan.

3. Olahraga Leher

Lakukan gerakan ringan yang bisa menjadi salah satu pemicu dan relaksasi bagi otot leher yang kaku misalnya saja macam olah raga untuk penderita osteoarthritis. Lakukan gerakan ringan seperti menaikan dan menurunkan kepala, menggeleng gelengkan kepala secara ringan dan lakukan secara perlahan agar nantinya tidak menambah cidera otot leher yang parah dan membuat anda semakin tidak bisa menoleh.

4. Istirahat

Salah satu hal yang dianjurkan di dalam daftar cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok ini adalah dengan mengistirahatkan leher anda. Apalgi jika kalian merupakan pekerja yang pastinya harus menggunakan otot leher secara terus menerus seperti para pekerja yang bekerja di depan komputer seharian. bahkna sakit pda leher ini juga terjadi akibat mata yang sudah lelah, jadi biasakan untuk sellau melakukan gerakan pergenagan sekali dalam 15 menit.

 5. Posisi

Sebaiknya anda melakukan posisi duduk yang benar ketika merasakan sakit atau nyeri dileher dan sulit untuk menoleh. Seperti terapi ortopedi, ini merupakan salah satu terapi yang dianjurkan agar memposisikan tulang leher dan tulang punggung lurus dan menghadap ke depan.  Karena kesalahan dalam duduk bisa membuat kita sulit untuk menoleh dan menrasa kaku leher.

6. Hindari Menyetir

Mungkin, bagi sebagian orang menyetir adalah kebutuhan sehari-hari yang harus tetap dilakukan walaupun sedang dalam kondisi yang menyulitkan seperti menderita nyeri dan kekauan leher ini. Namun, jika ini terjadi pada anda maka jangan melakukan kegiatan berat yang memerlukan leher untuk selalu tegak dan menambah kekauannya. cobalah untuk meminta bantuan orang lain terlebih dahulu atau beristirahat agar nantinya anda tidak mengalami masalah yang lebih parah dan lebih berbahaya.

7. Bersandar

Biasanya, sakit dan kaku leher ini terjadi akibat ketegangan dari otot leher yang digunakan seharian. Jadi, salah satu alternatif agar kita bisa merilekskan otot leher adalah dengan cara menyandarkan leher terlebih dahulu. Mencari posisi nyaman sembari bersandar atau rebahan akan membuat leher menjaid lebih terbopong dan akan mengurangi ketegangan yang dialami  oleh leher tersebut.

8. Kompres

Melakukan kompres adalah salah satu cara mudah dan dianjurkan seperti halnya perawatan osteopenia, ini adalah metode dasar yang bisa membantu otot menjadi lebih rileks dan mengurangi masalah ketegangan yang memicu sakit dan kesulitan dalam menoleh tersebut.

9. Minum Obat

Tentunya beralih menggunakan obat-obatan adalah terapi terbaik yang bisa dilakukan jika saja semua penanganan diatas tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Namun, harus diketahui secara baik apa yang mungkin menyebabkan sakit pada leher anda tersebut agar bisa menggunakan obat obatan yang cocok dan sesuai jika tidak menggunakannya dengan benar maka ini hanya akan meredakan masalah nyeri sementara waktu saja. Ketahuilah obat sebenarnya tidak diwajibkan digunakan dalam jangka panjang karena akan merusak banyak organ vital tubuh seperti hati dan ginjal. Gunakanlah obat obatan dnegan bijak dan sesuai dengan dosis yang berlaku.

10. Sesuaikan Bantal

Hal terbaiki yang bisa kaita lakukan dalam menijau cara penanganan kaku leher yang benar adalah dengan menganti bantal yang digunakan. Sangat dianjurkan menggunakan bantal yang lembut permukaannya datar dan tidak terlalu tinggi agar leher tidak menjadi kian kaku. Jadi, ini akan meminimalisir masalah kekau leher nantinya ketika anda memodifikasi gaya hidup, jam istirahat dan jenis bantal yang digunakan.

11. Air Putih

Dehidrasi yang timbul akibat kekurangan cairan tubuh ini akan menyebabkan banyak masalah lainnya seperti kekauan otot. karena dnegan adanya dehidrasi tubuh akan mengalami banyak masalah dan ini sangat tidak baik. jadi, cukupi kebutuhan air setiap harinya minimal 2 liter per hari agar tidak mengalami masalah seperti kaku otot leher ini.

12. Perbaiki Nutrisi

Memberikan tubuh nutrisi yang tepat juga sangat diperlukan dalam terapi cara mengatasi kaku leher ini. Jika dilakukan dengan baik, maka nutrisi seimbang dan tercukupi bisa menghindarkan kita dari masalah berbahaya seperti kekakuan otot maupun cidera otot dan walaupun terjadi kerusakan sel, maka protein akan bisa melakukan regenerasi. inilah mengapa penting untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut.

Tindakan Pencegahan

Kita tahu bahwasanya kekakuan leher yang menyebabkan sakit untuk menoleh ini terjadi akibat banyak faktor. Dan salah satunya adalah kesalahan posisi atau otot leher yang dipaksa secara berlebihan. Jadi, hal terpenting adalah bagaimana cara pencegahan agar kita bis ameminimalisir resiko terjadinya kekakuan leher ini, berikut beberapa tindakan pencegahan yaitu:

  • Selalu menentukan jam istriahat yang dikelola dnegan teratur agar nantinya tidak terjadi kelelahan dan penggunaan otot leher yang berlebihan.
  • Jangan lupa untuk melakukan postur tubuh yang benar saat duduk, berdiri dan jug saat hendak tidur. Karena jika tidak tidur dnegan posisi yang benar akan menyebabkan kekakuan otot keesokan harinya.
  • Cobalah menghindari menggunakan kasur yang terlalu empuk agar tidak menyebabkan salah tidur dan posisi yang menyebabkan kaku leher, kuduk dan pinggang.
  • Jangan melakukan postur yang tidak baik dalam waktu lama, misalnya saja menelepon dnegan menjepitkan telepon diantara bahu dan telinga, ini akan emmicu kaku leher lebih parah.
  • Selalu makan makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi seimbang agar semua kebutuhan tubuh bisa terpenuhi dnegan baik.
  • Hindari stres dan ini akan menyebabkan ketegangan otot jika and aselalu merasakan sters ataupun yang berujung dnegan depresi.
  • Lakukan olah raga ringan dan peregangan di bagian leher terutama bagi anda yang dihaurskan bekerja seharian di depan komputer maupun harus menyetir dalam waktu yang lama.

Demikianlah semua daftar cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok yang dianjurkan. Jika memang tidka merasakan dampak yang positif setelah melakukan penanganan awal di atas maka sangat disarankan mengunjungi dokter agar bisa mendapatkan perwatan lebih lanjut. Karena bisa jadi penyebabnya adalah sesuatu yang lebih serius.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 02nd, December 2018 / 04:02 Oleh :
Kategori : Pengobatan