Sponsors Link

20 Cara Memijat Tulang Hidung yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Tulang hidung merupakan salah satu bagian tulang tengkorak yang menjadi salah satu pembentuk susunan dasar wajah seseorang, tulang hidung berbentuk lonjong dengan ukuran yang kecil. Dibagian dalam tulang hidung terdapat tulang kering  yang menuyusun tulang hidung. Tulang kering yang terletak didalam hidung memiliki 2 jenis tulang yang posisinya saling terpisah yang disebut dengan tulang rawan. Berikut beberapa cara memijat tulang hidung yang perlu anda ketahui.

ads
  • Pijatan Dasar

Pijatan dasar dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Hangatkan tangan dan jari-jari secara bersamaan dengan cara salin menggosokanya. Tangan dan jari yang hangat akan membuat pijatan terasa lebih rileks. Salah satu cara untuk membuat tangan menjadi hangat adalah dengan menuangkan sedikit minyak ketelapak tangan. Anda pun bisa menambahkan khasiat lidah buaya untuk tulang selama memijat. Oleskan krim lidah buaya di tangan sebelum mulai memijat. Selain melicinkan, khasiat lidah buaya untuk tulang ialah bisa mempercepat kesembuhan pasien.
  2. Cari lekungan rongga mata tempat betemunya tukang hidung dan alis. Menekan area ini pada waktu tertentu dapat membantu menyembuhkan pilek dan sakit kepala. Gunakan ibu jari atau jari telunjuk yang anda anggap lebih kuat untuk memijat.
  3. Tekan jari anda langsung pada lekukanrongga mata selama satu menit. Tekan jari anda pada daerah tersebut dengan gerakan memutar selama dua menit. Tutup mata anda selama melakukan pemijatan.
  • Pijatan Rongga Sinus

Macam-macam penyakit tulang membuat beragam juga cara menyembuhkannya. Salah satunya, cara memijat tulang hidung rongga sinus adalah sebagai berikut:

  1. Pijatlah sinus frontal yang berada di daerah dahi.

Oleskan minyak pada tangan untuk membantu gerakan pijatan tangan pada wajah. Tempatkan masing-masing telunjuk diantara kedua alis atau di tengah dahi. Pijat dengan gerakan memutar, gerakan kedua jari mulai dari bagian tengah diantara kedua alis lalu keluar menuju pelipis di kedua sisi kepala. Ulangi gerakan sebanyak sepuluh kali dengan pijatan yang kuat dan konstan. Minyak juga bisa  menjadi obat untuk melemaskan otot kaku.

2. Pijat sinus etmoid, yang merupakan sinus nasal.

Gunakan jari telunjuk untuk menyentuh sepanjang sisi tulang hidung dari atas kebawah. Ketika anda menggerakan jari keatas hidung, buat gerakan memutar kecil dengan jari telunjuk menuju ke ujung mata. Ulangi gerakan sebanyak sepuluh kali dengan pijatan yang kuat dan konstan.

3. Tekan, urut dengan jari telunjuk

Lakukan tekanan sambil mengurut dengan jari telunjuk. Sementara jari tengah di atasnya di tiga titik nyeri tulang hidung sisi kiri dan kanan dari atas kebawah selama 3×15 detik.

4. Tekan dan putar jari searah jarum.

Dengan perlahan dengan ibu jari tangan di tiga titik nyeri garis tengah dahi dari titk pertigaan mata sampai batsa rambut selama 2×13 detik. Tekan dan putas jari anda searah dengan jarum jam. Cara ini juga akan menghindarkan pasien dari sindrom kompartemen.

5. Tekan dan pijat dengan ibu jari tangan titik nyeri , sejajar dengan telingan kiri dan kanan selama 3×13 detik.

Pijat dengan 3 jari kedua tangan yang berhadapan punggungnya dan friction dengan ibu jari tengah friction halus dengan ibu jari titik nyeri. 

  • Pijatan untuk Membentuk Tulang hidung

Memijat hidung tidak hanya membuat hidung menjadi lebih mancung namun juga bisa untuk merelaksasi dan juga melancarkan aliran darah. Gunakan minyak esensial seperti minyak zaitun, lavender, atau melati untuk memijat. Minyak esensial juga bermanfaat untuk menghindarkan anda dari penyakit ortopedi. Berikut cara memijat tulang hidung berikutnya:


  1. Lakukan pijatan mulai dari area lubang hidung lalu naik hingga ke area pangkal hidung di dekat dahi. Lakukan dengan hati-hati agar minyak yang melumuri tangan tidak masuk ke daerah mata. Lakukan minimal 5 menit setiap hari untuk mendapat hasil maksimal
  2. Cubit hidung menggunakan jari telunjuk dan jempol setelah pemijatan. Tulang hidung merupakan tulang rawan yang memungkinkan untuk berubah bentuk. Tekan dengan lembut selama 5-10 menit. Lakukan gerakan tersebut setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hidung yang lebih mancung
  3. Tarik wajah kebawah lalu gunakan jari telunjuk untuk menekan kedua sisi hidung dan bernapas secara perlahan. Posisi mata melihat ke arah atas untuk memaksimalkan tarikan otot wajah.
  4. Kembang kempiskan lubang hidung untuk melatih otot hidung. Lakukan selama 10 detik sebanyak 3 kali sehari.
  5. Untuk merampingkan hidung caranya dengan tahan dan tekan salah satu lubang hidung saat bernapas, biarkan udara keluar dari satu lubang. Lakukan secara bergantian pada lubang hidung satunya. Tarik wajah bagian pipi lalu kerutkan hidung agar lebih kecil. Lakukan paling tidak selama 10 kali sehari.
  • Teknik menggosok hidung

Teknik ini direkomendasikan untuk seseorang yang memiliki masalah sinus serta hidung yang tersumbat.


  1. Berikan minyak pada telapak tangan untuk melakukan pemijatan
  2. Gunakan telapak tangan untuk menggosok ujung hidung dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan ini sebanyak 15-20 kali.
  3. Ubah arah gosokan ke arah sebaliknya dengan jumlah putaran yang sama sebanyak 15-20 kali
  4. Untuk melegakan hidung, anda bisa melakukan pijatan dengan menempatkan ibu jari ditengah-tengah hidung dan mulailah memijat keluar ke arah telinga
  • Pijat hidung untuk bayi

Pijat hidung yang dilakukan pada bayi berfungsi untuk mengatasi hidung tersumbat dan melancarkan saluran pernapasan pada bayi.

  1. Pijat hidung dengan gerakan lembut dan daerah sekitar hidung. Pakailah minyak telon bayi sebelum melakukan pemijatan karena kulit bayi masih sangat sensitif dan tidak bisa sembarangan menggunakan minyak. Minyak telon bahkan juga digunakan untuk melengkapi ramuan tradisional untuk rematik.
  2. Letakan kedua telunjuk dibagian atas hidung, gosok perlahan kearah atas melintasi bagian bawah mata, belakang telinga dan leher. Ulangi gerakan sebanyak tiga kali.

Demikian cara memijat tulang hidung, yang tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk bayi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 21st, January 2019 / 03:18 Oleh :
Kategori : Pengobatan