Sponsors Link

5 Cara Mencegah Kanker Tulang Belakang Paling Efektif yang Perlu Diterapkan

Sponsors Link

Cara mencegah kanker tulang belakang ini harus Anda ikuti dengan segera untuk mendapatkan kesembuhan lebih cepat mengingat penyakit kanker ini adalah salah satu jenis yang cukup jarang ditemui. Biasanya kasus kanker yang sering terjadi ini adalah metastasis, dimana kanker berasal dari bagian tubuh lain yang menyebar ke tulang belakang. Jika kanker terjadi pada daerah ini, maka akan sangat memungkinkan kanker akan menyebar pada tulang belakang lainnya dan akan berkembang dengan sangat cepat. Gejala dari kanker ini cenderung sulit untuk di deteksi.

ads

Meski begitu, ada baiknya jika kita mengenali gejala kanker tulang belakang sejak dini. Dengan mengenali gejala dari penyakit ini sama halnya dengan melakukan pencegahan sejak dini. Gejala-gejalanya meliputi:

  • Rasa nyeri pada tulang belakang
  • Otot-otot terasa lemah
  • Tulang dapat mengalami keretakan dengan mudah ketika terjadi benturan
  • Sulit menggerakkan anggota tubuh
  • Sering mengalami kesemutan
  • Berat badan menurun
  • Terjadi kelumpuhan
  • Pembengkakan pada tulang
  • Sering berkeringat

Kasus kanker ini memang cenderung langka, namun kanker ini dapat menyerang semua kalangan dimana penyakit ini memiliki risiko kematian. Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan untuk menghindari penyakit ini. Tentunya kita telah mengetahui bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mulai dari sekarang menerapkan cara pencegahan kanker tulang berikut.

Adapun cara mencegah kanker tulang belakang adalah sebagai berikut:

  1. Pola Hidup Sehat

Setiap orang tanpa terkecuali hendaknya mulai melakukan pola hidup sehat sejak dini. Salah satu syarat untuk memiliki tubuh yang sehat yaitu dengan memulai pola hidup sehat. Seseorang yang sehat, tentunya akan terhindar dari berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu kanker tulang belakang. Pola hidup sehat ini dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Tidak hanya mengatur konsumsi makanan, namun juga mengatur pola makan serta pola istirahat yang teratur. Selain mengkonsumsi makanan jenis tersebut, Anda juga bisa menyuplai dengan vitamin penguat tulang dan sendi supaya daya tahan terhadap penyakit lebih kuat.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga tidak hanya baik dalam menjaga kebugaran tubuh, namun dengan melakukan olahraga yang teratur maka tulang akan menjadi lebih kuat dan sehat. Salah satu jenis olahraga yang murah serta mudah untuk dilakukan yaitu olahraga lari. Olahraga satu ini merupakan jenis olahraga yang menggerakkan semua badan, termasuk tulang. Tidak hanya bisa mencegah kanker dan membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga lari ini juga merupakan salah satu teknik paling ampuh dalam cara cepat meninggikan badan sehingga Anda mendapatkan berbagai keuntungan dengan menerapkan metode satu ini.

  1. Konsumsi Vitamin D & Kalsium

Vitamin dan Kalsium merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan agar tulang lebih sehat dan kuat. Contoh makanan yang masuk ke dalam vitamin untuk tulang keropos ini juga diantaranya yaitu ikan, telur, tahu, tempe. Sedangkan contoh makanan yang mengandung kalsium yaitu keju, serta, biji-bijian. Makanan tersebut adalah makanan yang mudah ditemui serta sangat murah untuk di jangkau. Jika nutrisi pada tulang, maka tulang risiko terhadap serangan bibit penyakit akan minim karena tulang lebih kuat.

  1. Menghindari Sinar Radiologi Aktif dalam Dosis Tinggi
Sponsors Link

Salah satu yang menjadi penyebab dari kanker yaitu sinar radiologi aktif yang berlebihan, misalnya pada televisi, microwave, serta sinar-X. Ada baiknya jika kita membatasi dari penggunaan benda-benda tersebut. Atau menggunakan benda-benda tersebut secara tepat guna. Penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat memicu timbulnya bibit penyakit.

  1. Menghindari Makanan Pemicu Zat Kanker

Makanan atau bumbu instan memang sangat memudahkan bagi kita. Namun perlu diketahui bahwa hendaknya kita mengurangi makanan atau bahan-bahan makanan yang dapat mengandung zat pemicu sel kanker, seperti makanan yang mengandung pengawet, penguat rasa, pewarna sintetis, serta zat karsinogenik. (Baca Juga: Ciri-ciri Kanker Tulang Belakang)

Tidak hanya itu saja, beberapa cara mencegah kanker tulang belakang ini sebenarnya masih ada banyak sekali, namun yang benar-benar harus Anda hindari sebaik mungkin diantaranya yakni:

Sponsors Link

  • Menghindari minuman bersoda
  • Menjauhi rokok, entah itu menghirup asapnya saja atau mungkin perokok aktif. Hal itu dikarenakan asap rokok ini tidak baik untuk kesehatan
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol
  • Mengkonsumsi obat-obat herbal adalah hal yang lebih baik
  • Rutin check up ke dokter untuk mengetahui kondisi
  • Menjaga lingkungan sekitar tetap bersih
  • Jangan memasak dengan suhu tinggi atau di atas 240 derajat celcius. Tujuannya agar minyak atau lemak pada makanan tidak berubah menjadi zat yang bernama karsinogen.
  • Kurangi makanan yang di asap seperti daging, ikan dan semua jenis daging asap lain.

Oleh karena itulah, Anda sebaiknya menerapkan berbagai macam cara mencegah kanker tulang belakang ini supaya penyakit tersebut tidak sampai menghampiri tubuh Anda. Hal ini dikarenakan ketika tulang sudah terkena penyakit ini maka cara pengobatan kanker tulang belakang ini juga cukup sulit untuk dilakukan. Namun ketika Anda sudah menemui gejala kanker tulang belakang, segeralah melakukan penanganan yang tepat sebelum akhirnya merambah terhadap penyakit kanker sumsum tulang belakang stadium 3 yang sangat berbahaya terhadap tubuh karena urusannya bisa sampai ke nyawa penderita.

Kira-kira seperti itulah pembahasan mengenai cara mencegah kanker tulang belakang yang dapat Anda ikuti mulai dari sekarang supaya tubuh tetap sehat, bugar dan dapat beraktifitas dengan lancar hingga tua nanti.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 05th, May 2018 / 12:56 Oleh :
Kategori : Pencegahan