Sponsors Link

6 Makanan Penyebab Kanker Tulang Bertambah Parah yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Fungsi utama makanan adalah untuk memberikan nutrisi tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Walaupun begitu, ada beberapa jenis olahan makanan yang bisa memicu maupun memperparah kejadian penyakit seperti dalam kanker tulang. Beberapa jenis makanan yang akan dijelaskan di bawah ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker tulang jika dikonsumsi berlebihan, juga bisa memperparah kanker tulang. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab kanker tulang yang harus dihindari sebagai upaya pencegahan kanker tulang atau tidak bertambah parah, antara lain:

ads

1. Makanan yang masih mentah

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, mineral dan serat terkadang dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau lainnya. Padahal sayuran mentah lebih rentan terkontaminasi bakteri yang bisa membuat sistem imun tubuh terganggu sehingga membuat sel kanker tulang tumbuh cepat. Jadi, sayuran mentah yang juga merupakan pantangan kanker otot sebaiknya dimasak atau dipastikan untuk dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi.

2. Makanan mengandung beralkohol

Efek buruk alkohol untuk kanker tulang juga bisa terdapat pada makanan yang telah melalui proses fermentasi atau buah-buahan seperti kelengkeng atau durian. Alkohol di dalam tubuh dapat memicu berubahnya struktur DNA, sehingga pertumbuhan sel kanker tulang atau tumor tulang tidak terkontrol juga bisa memunculkan kanker baru. Hal inilah yang membuat makanan mengandung alkohol termasuk dalam makanan penyebab kanker tulang.

3. Makanan yang dibakar

Makanan penyebab kanker tulang selanjutnya adalah makanan yang diproses dengan cara dibakar atau dipanggang. Makanan yang dibakar dan dipanggang akan cenderung menghasilkan senyawa karsinogenik karena mengandung arang seperti contohnya sate, ayam panggang dan lainnya. Selain itu, makanan bakar juga mengandung tar dari asap yang bisa memicu kanker. Sehingga jika mengalami gejala kanker tulang seperti gejala kanker tulang belakang sebaiknya hindari konsumsi makanan bakar.

4. Makanan mengandung gula tinggi

Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh tidak hanya bisa mengganggu kinerja otot terganggu dan menjadi pantangan makanan pengapuran tulang. Gula di dalam tubuh dapat dimanfaatkan oleh sel kanker sebagai sumber makanan untuk berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh. Sehingga menghindari konsumsi gula berlebihan adalah pilihan yang tepat untuk pencegahan pertumbuhan kanker maupun penyakit lainnya di dalam tubuh.

5. Makanan kalengan atau diawetkan

Berbagai macam makanan yang dikemas dalam kaleng seperti buah kalengan, sayur kalengan, daging kalengan dan lain sebagainya juga termasuk makanan penyebab kanker tulang. Makanan kalengan yang diawetkan pada umumnya mengandung zat biphenol-A, zat karsinogen dan zat kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan. Zat kimia yang ada dalam makanan kalengan dapat memicu perkembangan sel kanker sehingga harus dihindari konsumsinya.

6. Makanan berlemak tinggi

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi selain bisa menjadi penyebab penyakit gout, juga bisa memicu kanker juga dapat memperparah kanker yang diderita. Namun tidak semua jenis lemak harus dihindari karena yang berpotensi memperparah kanker tulang adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Beberapa contoh makanannya adalah seperti daging sapi, paha ayam, susu sapi beserta olahannya, gorengan, fast food dan lain sebagainya.

Jenis makanan di atas selain dapat memicu kanker tulang, juga bisa menyebabkan sekaligus memperparah jika mengalami macam-macam penyakit tulang lainnya. Demikian ulasan mengenai berbagai jenis makanan penyebab kanker tulang agar tidak semakin parah yang harus dihindari, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 09th, November 2018 / 02:39 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman