Sponsors Link

Inilah 7 Olahraga untuk Memperkuat Tulang yang Harus Dilakukan

Sponsors Link

Tulang merupakan elemen vital dalam tubuh setiap orang. Jika kondisi tulang baik dan kuat, maka kesehatan tubuh juga baik. Oleh karena itu, telah banyak suplemen atau susu bubuk yang dapat diproduksi untuk memperkuat tulang agar tulang terhindar dari berbagai macam-macam penyakit tulang. Kekuatan tulang memang perlu dijaga agar terhindar dari osteoporosis atau disebut juga pengeroposan tulang. Jika beresiko mengalami osteoporosis, maka orang tersebut harus rutin mengonsumsi makanan pencegah osteoporosis sambil tetap rutin melakukan senam untuk penderita osteoporosis.

ads

Untuk itulah, agar tulang tetap kuat, kita perlu melakukan olahraga untuk menguatkan tulang. Tulang dan otot harus bekerja lebih keras agar tidak menurun kualitasnya dan akhirnya mengeropos. Maka, lakukanlah beberapa olahraga untuk menguatkan tulang berikut ini:

  1. Tai Chi

Olahraga untuk menguatkan tulang yang pertama yaitu tai chi. Olahraga tai chi ialah tipe olahraga yang dilakukan dalam gerak perlahan dan indah. Gunanya agar koordinasi serta kekuatan tulang terbentuk sehingga kelainan pada tulang terminimalisir. Pernah ada penelitian yang mengungkapkan bahwa tai chi mampu menghambat proses mengeroposnya tulang, terutama pada perempuan yang sudah menopause. Perempuan yang rutin berolahraga tai chi seminggu lima kali dengan durasi 45 menit akan menurun proses pengeroposan tulangnya 3,5 kali lipat dibandingkan dengan ynag tidak melakukan tai chi.

  1. Yoga

Yoga yang dilakukan secara rutin akan membuat tingkat kepadatan tulang belakang menjadi tinggi. Selain tulang belakang, bagian tulang panggul dan pergelangan tangan akan turut terkuatkan. Tiga tulang tersebut termasuk wilayah tulang yang rawan mengalami patah tulang. Manfaat lain yoga selain sebagai olahraga untuk mencegah tulang keropos, yaitu meningkatkan konsentrasi dan koordinasi tubuh Anda.

  1. Berjalan Cepat

Ini adalah jenis olahraga yang termasuk mudah dan sederhana sehingga bisa dilakukan siapa saja. Kekuatan tulang akan meningkat jika rutin berjalan cepat minimal 4 jam tiap minggunya, maka resiko mengalami patah tulang akan menurun sampai 41% . Kecepatan jalan ini berbeda-beda tiap orangnya tergantung kemampuan tubub Anda.

  1. Golf

Golf sering dianggap sebagai olahraganya kakek-kakek. Jangan salah, golf ternyata juga termasuk jenis olahraga untuk menguatkan tulang yang efektif. Ketika bermain golf, bagian atas pada tubuh akan bergerak aktif dengan melakukan ayunan. Bagian kaki juga aktif untuk jalan bahkan lari menghampiri bola golf sehingga bagian tulang belakang serta panggul akan bekerja keras.

  1. Berdansa

Berdansa adalah jenis olahraga yang mengasyikkan karena tinggal bergoyang menikmati musik. Berdansa ternyata juga bisa dijadikan olahraga untuk memperkuat tulang. Misalnya jenis salsa, tango, samba, rumba, dan tari latin lainnya.

  1. Mendaki

Sebagai bagian dari kegiatan lintas alam, mendaki gunung akan membuat bagian alat gerak bawah atau kaki akan aktif bekerja karena efek jalan yang menanjak maupun menurun. Bagian tulang panggul juga akan semakin tinggi kepadatannya. Untuk aktivitas ini termasuk olahraga yang di larang untuk skoliosis.

  1. Olahraga dengan Raket

Olahraga untuk memperkuat tulang selanjutnya adalah jenis-jenis olahraga yang memakai raket sebagai medianya, misalnya badminton, tenis, tenis meja, dan squash. Hal tersebut dikarenakan aktif terjadi gerakan memukul bola sehingga tulang lengan dan pergelangan semakin kuat. Gerakan berlari meraih bola juga akan berpengaruh baik pada tulang belakang dan bagian panggul. Lebih efektif jika dibarengi dengan rutin mengonsumsi makanan untuk kepadatan tulang.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 01st, March 2019 / 03:12 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup