Sponsors Link

5 Terapi Sumsum Tulang Belakang Paling Ampuh Untuk Pengobatan

Sponsors Link

Seorang penderita perlu melakukan Terapi Sumsum Tulang Belakang untuk menunjang kesehatan. Sumsum tulang belakang atau medula spinalis merupakan saraf yang tipis dimana adalah perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak serta melengkung dan dilindungi oleh bagian tulang belakang. Organ ini adalah bagian vital yang ada dalam sistem saraf manusia. Sumsum tulang belakang itu sendiri yaitu sebagai perantara komunikasi antara saraf dengan otak dalam menerima rangsang, pergerakan serta refleks tubuh.

ads

Dapat dikatakan bahwa sumsum tulang belakang ini sama pentingnya dengan otak. Hal ini dikarenakan hampir dari sebagian besar saraf yang terdapat di seluruh tubuh akan terhubung dengan sumsum tulang belakang yang selanjutnya diteruskan ke otak. Ketika kinerja dari sum sum tulang belakang terganggu, maka fungsi dari seluruh tubuh akan ikut terganggu. Oleh karena itulah, Anda harus menjaga tubuh dengan serius supaya kerusakan sumsum tulang belakang tidak menghampiri tubuh Anda.

Akan tetapi kalau memang kejadian kerusakan pada sumsum tulang belakang ini sudah terlanjur terjadi, maka akan sangat membahayakan tidak hanya menghambat aktivitas, namun juga bagi kelangsungan hidup dimana diakibatkan oleh risiko kematian sel serta jaringan pada tubuh. Kerusakan sumsum tulang belakang tidak hanya dapat mengakibatkan kecacatan permanen namun juga risiko kematian. Inilah sebabnya di perlukan Terapi Sumsum Tulang Belakang agar ketika seseorang sudah menderita penyakit ini bisa berangsur sembuh.

Kerusakan dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari aktivitas maupun pola hidup. Kerusakan pada sumsum tulang belakang ini pada umumnya dapat terjadi akibat cedera, infeksi, serta kompresi saraf atau tekanan yang terjadi pada saraf secara berkala. Seseorang yang mengalami kerusakan atau gangguan yang terjadi pada tulang belakang maka akan mengalami hal-hal seperti berikut ini :

  • Pegal-pegal yang di rasakan pada tulang belakang
  • Timbulnya rasa nyeri
  • Sulit untuk berjalan
  • Sulit meraba lingkungan sekitar
  • Kehilangan kemandirian

Jika seseorang menderita gangguan atau kelainan sumsum tulang belakang, maka harus segera dilakukan tindakan untuk mengatasi serta mencegah penyebaran penyakit ke area lain. Jika kelainan pada sumsum tulang belakang cukup kronis, maka biasanya dokter akan memberikan alternatif operasi. Akan tetapi sebelum memilih jalan tersebut Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan operasi sumsum tulang berikut. Selain itu, ada beberapa Terapi Sumsum Tulang Belakang yang dapat dijalani untuk mengatasi penyakit tersebut:

  1. Polyethylene Glycol

Terapi penyempitan tulang belakang, atau disebut juga Polyethylene Glycol (PEG). Jika terjadi kerusakan pada tulang belakang dapat dilakukan dengan pengobatan sumsum tulang belakang yang satu ini. Dengan melakukan terapi tersebut, sang penderita akan sangat terbantu sekali dalam membenahi kerusakan pada sum sum dimana membran saraf akan dipulihkan dengan proses penyembuhan lukanya.

  1. Terapi IV Kortikosteroid

Terapi IV Kortikosteroid yaitu suatu terapi yang dilakukan dengan tahap penyuntikan yang berguna sebagai anti flamasi. Pemberian obat pada terapi ini tergantung dari level atau tingkat keparahan dari sakit yang diderita, sama halnya dengan terapi penyempitan tulang belakang. Selain itu, terapi yang satu ini juga menjadi salah satu cara mengobati radang sumsum tulang belakang paling ampuh yang perlu Anda coba.

  1. Terapi Pertukaran Plasma

Jenis terapi sumsum tulang belakang berikutnya adalah pertukaran plasma, yaitu dilakukan dengan mengganti cairan yang telah dibuang dengan sebuah cairan khusus, dimana cairan ini adalah sejenis cairan yang telah bercampur dengan darah. Terapi ini dapat dilakukan ketika pasien tidak memberikan respon yang positif terhadap suntikan steroid yang mana biasanya ampuh untuk mengobati berbagai penyakit tulang sebagaimana yang telah di bahas juga dalam teknik terapi untuk penderita osteoarthritis.

Sponsors Link

  1. Fisioterapi

Tidak kalah penting, fisioterapi menjadi salah satu terapi sebagai suatu upaya yang dapat dilakukan oleh pelayanan dari tenaga profesional yang bersifat medis dengan cara terapi untuk gangguan kapasitas fisik. Pada terapi ini penderita aka dibantu dalam mengurangi rasa nyeri pada tubuh.

  1. Terapi Radiasi

Terapi radiasi dapat dilakukan jika kelainan tumor sumsum tulang belakang. Saat ini teknologi telah canggih dimana dapat menggunakan tangan robot dan mengeluarkan sinar yang terfokus pada radiasi. Terapi ini dilakukan pada penderita yang tidak dapat diobati dengan terapi lainnya. Tidak hanya bisa mengobati cedera sumsum tulang belakang saja, teknik terapi Radiasi ini juga cukup manjur dalam hal pengobatan kanker tulang belakang, pengobatan tumor tulang lutut, pengobatan osteosarkoma, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain terapi, di anjurkan juga bagi penderita bisa mengkonsumsi makanan di bawah berikut:

Sponsors Link

  • Makanan dengan Kandungan Gula Manosa

Penelitian menemukan bahwa senyawa gula dapat memulihkan kerusakan pada saraf. Bahkan meski gula di sebut cukup baik bagi penderita sumsum tulang belakang, tetapi peneliti tidak henti membahas mengenai hal ini.

  • Mengkonsumsi Brokoli

Sayuran brokoli mempunyai kandungan fosfor dan zat besi yang sangat baik untuk mendukung pembentukan tulang dan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan Brokoli juga termasuk ke dalam salah satu dari 11 makanan untuk mempercepat penyambungan tulang yang lezat untuk di santap.

  • Konsumsi Ikan Tuna

Kalsium di butuhkan sekali bagi sumsum tulang belakang, dan kandungan itu bisa anda dapatkan dari ikan tuna yang juga terdapat fosfor.

Terapi Sumsum Tulang Belakang sangat penting, mengingat saat ini banyak sekali penyakit yang mudah menyerang manusia. Oleh karena itulah, jika Anda tengah menderita kejadian ini segera lakukan pengobatan dan kalau belum sampai terjadi alangkah baiknya melakukan berbagai pencegahan semaksimal mungkin.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 06th, May 2018 / 15:45 Oleh :
Kategori : Pengobatan