Sponsors Link

Ciri Ciri Tulang Sudah Tersambung, Ketahui 9 Tanda-tandanya

Sponsors Link

Ciri tulang telah tersambung dan menguat secara sempurna yaitu tampak saat di rontgen dimana tidak tampak lagi garis patahan. Garis patahan yang awalnya tampak jelas kini telah kembali seperti semula. Proses penyambungan tulang yang memakan waktu lama akan mengembalikan kondisi ciri-ciri tulang keropos hingga siap untuk beraktivitas kembali. Berikut adalah ciri – ciri umum tulang yang telah tersambung dengan sempurna.

  • Garis – Garis Patahan Telah Hilang

Garis – garis patahan penyebab tulang keropos telah mengalami proses pertumbuhan jaringan baru pada tulang. Sel – sel osteoblas merangsang pertumbuhan kalus atau jaringan tulang baru. Pembentukan jaringan – jaringan baru akan menghubungkan ujung antar tulang yang patah.

  • Tulang Berukuran Ideal

Tulang yang patah seringkali mengalami pemendekan. Proses penyambungan tulang mengembalikan tulang ke ukuran ideal. Ukuran yang ideal membantu proses pengembalian fungsi tulang seperti semula.

  • Tulang Mulai Dapat Digerakan

Tulang yang telah lama beristirahat mulai dapat digerakan perlahan meski membutuhkan waktu yang tidak sedikit. ciri-ciri tulang retak telah kembali utuh tanpa mengalami benjolan maupun pemendekan.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan patah tulang penyambungan tulang yang sempurna berbeda – beda. Berikut contoh kasus patah tulang beserta waku penyambungan yang dibutuhkan.

  1. Patah tulang pada telapak tangan membutuhkan waktu penyambungan 4 hingga 6 minggu.
  2. Patah tulang pada jari membutuhkan waktu penyambungan kurang lebih 3 minggu.
  3. Patah tulang pada radius distal membutuhkan waktu penyambungan 4 hingga 6 minggu.
  4. Patah tulang pada lengan bawah membutuhkan waktu penyambungan 8 hingga 10 minggu.
  5. Patah tulang pada lengan atas membutuhkan waktu penyambungan 6 hingga 8 minggu.
  6. Patah tulang pada paha bagian leher membutuhkan waktu penyambungan kurang lebih 12 minggu.
  7. Patah tulang pada paha bagian poros membutuhkan waktu penyambungan kurang lebih 12 minggu.
  8. Patah tulang pada tungkai bawah membutuhkan waktu penyambungan kurang lebih 10 minggu.
  9. Patah tulang pada tulang kering membutuhkan waktu penyambungan kurang lebih 10 minggu.

Proses penyambungan tulang bisa saja mengalami halangan atau gangguan. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menghambat penyebab pengapuran tulang pada proses penyambungan tulang sehingga membutuhkan waktu lebih dalam pemulihan.

  • Peradangan/Kompartemen Syndrom

Peradangan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan sehingga menambah tekanan pada tulang yang cedera. Pembuluh darah akan terhambat sehingga kebutuhan darah mengalami kekurangan pada otot sekitar tulang yang patah. Otot – otot yang tidak dialiri darah dapat beresiko kecacatan jangka panjang.

  • Kerusakan Syaraf dan Arteri

Cedera yang sangat parah dapat menyebabkan rusaknya syaraf – syaraf pada otot dan arteri. Kerusakan arteri dan syaraf sangat beresiko terjadinya kelumpuhan.


  • Infeksi

Infeksi pada patah tulang dapat terjadi terutama pada kasus pasien yang mengalami patah tulang terbuka. Patah tulang terbuka yang tampak terlihat hingga keluar kulit memungkinkan bakteri, virus, dan lain – lain untuk menginfeksi. Tanah, udara, air memungkinkan menjadi media perantara berbagai mikroorganisme berbahaya.

  • Artritis

Patah tulang yang besar atau luas ke wilayah sendi beresiko terjadinya peradangan. Peradangan pada sendi akan menghambat proses penyambungan tulang.

  • Kegagalan Menyambung (Nonunion)

Kegagalan penyambungan tulang dapat saja terjadi. Penyambungan yang tertunda ini dapat diatasi dengan dilakukannya operasi.

  • Penyambungan Tulang Yang Tidak Tepat (Malunion)

Penyambungan tulang beresiko terjadi ketidaktepatan posisi. Contoh kasus yaitu terjadi posisi miring, tumpang tindih, dan lain – lain. Operasi kembali menjadi jalan untuk mengatasi proses terjadinya penyambungan tulang yang tidak tepat.

Demikian beberapa ulasan dari bentuk ciri-ciri dari tulang sudah mulai bisa tersambung, dan sudah bisa menyatu yang bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 17th, October 2017 / 09:08 Oleh :
Kategori : Pengobatan