Sponsors Link

12 Obat Tradisional Osteoarthritis Alami Teruji Berkhasiat

Sponsors Link

Osteoarthritis merupakan salah satu kondisi yang mengakibatkan persendian terasa kaku nyeri bahkan sampai bisa mengalami bengkak. Penyakit ini pada dasarnya masih 1 jenis dengan rematik. Osteoarthritis merupakan  kelainan pada tulang dan persendian yang biasanya akan menyerang pada bagian tulang punggung, ngilu pada lutut, pinggul dan juga tangan.

Penyebab dan Faktor Risiko Osteoarthritis

Tulang rawan sendiri adalah salah satu jaringan ikatan yang cukup kenyal dan juga elastis. Jaringan ini akan menyelubungi bagian ujung tulang dan juga persendian sehingga akan melindungi dari adanya gesekan serta pergerakan. Ketika tulang rawan mengalami kerusakan dan tekstur licinnya menjadi kasar, maka seiring berjalannya waktu tulang akan mulai bertabrakan dan persendian pun mulai terpengaruh.

Faktor yang akan mempengaruhi osteoarthritis:

  1. Usia
  2. Jenis kelamin
  3. Cedera
  4. Obesitas
  5. Keturunan
  6. Memiliki penyakit yang berhubungan dengan sendi
  7. Cacat pada bagian tulang rawan atau saat pembentukan sendi.
  8. Sering melakukan aktivitas fisik yang akan menyebabkan adanya penekanan pada bagian kaki atau persendian lainnya.

Penyakit osteoarthritis merupakan bentuk arthiritis yang cukup sering menyerang orang-orang, karena pasalnya semakin bertambahnya usia maka cairan pelindung kartilago akan semakin berkurang dan menjadi semakin sedikit.

Walaupun penyakit ini bisa merusak persendian manapun namun bagian sendi yang biasanya sering terserang adalah tulang belakang, panggul tangan dan juga lutut, keadaanya pun akan semakin bmemburuk seiring bejalannya waktu jika memang tidak segera diatasi.

Gejala Osteoarhritis

  1. Sendi akan terasa nyeri ketika akan digerakan dan tulang belakang sakit.
  2. Sendi akan membengkak bahkan saat Anda mencoba untuk melakukan penekanan pada bagian sendi tertentu.
  3. Adanya rasa kaku pada persendian saat Anda bagun dipagi hari, karena sendi Anda tidak digerakan dalam waktu yang cukup lama.
  4. Saat sedang menggunakan aktivitas berhubungan dengan persendian makan sendi akan terasa sangat kaku.
  5. Terdapat taji pada tulang, adalah salah satu pertumbuhan tulang tambahan yang ada di ujung dan akan terasa sangat keras saat akan melakukan penekanan.

Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit yang gejalanya akan semakin memburuk jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama. Kekakuan pada persendian juga akan semakin memburuk bahkan akan semakin terasa sulit saat akan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Ada banyak sekali cara pengobatan salah satunya adalah dengan melakukan operasi penggantian. Namun tahukah Anda ada beberapa obat tradisional yang bisa mengatasi penyakit osteoarthritis dengan sangat ampuh. Berikut adalah obat tradisional tersebut.

1. Lengkuas

Obat tradisional osteoarthritis yang pertama adalah lengkuas. Cara pengolahannya juga sangatlah sederhana, Anda tinggal menyiapkan lengkuas, kemudian menumbuknya dan menambahkan air hangat, lalu bisa langsung diminum. Jika Anda mengkonsumsi dengan sangat rutin makan akan mampu mengatasi keluhan osteoarthritis. Penggunaan lengkuas juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu tanaman herbal untuk mengatasi pengapuran pada tulang dan cara menguatkan tulang.

2. Daun landep

Setelah lengkuas, Anda juga bisa memanfaatkan daun landep sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi osteoarthritis. Cara mengolah daun ini sangatlah mudah, Anda tinggal menyiapkan beberapa lembar daun landep kemudian merebusnya, air rebusan daun landep bisa Anda konsumsi dengan rutin minimal 2 kali dalam seharti, pada pagi dan juga malam hari. Mengkusmsi daun landep tidak akan memberikan efek samping seperti obat medis, karena bahannya merupakan alami, sehingga proses penyebuhannya pun alami dan bertahap.

3. Lidah buaya

Bagi Anda yang memiliki osteoarthritis, Anda juga bisa coba membuat obat tradisional dengan berbahan dasar lidah buaya, salah satu tanaman yang juga sering digunakan sebagai masker untuk rambut. Cara pengolahan lidah buaya sebagai salah satu obat pengapuran tulang tidaklah sulit, Anda tinggal menyiapkan daun lidah buaya kemudian menciucinya sampai bersih, kemudian rebus dan bersihkan dari lendirnya, saring dan minum airnya. Konsumsi dengan teratur bisa mengurangi keluhan dari osteoarthritis.

4. Daun dandelion

Setelah lidah buaya, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman obat lainnya yaitu daun dandelion. Jenis daun ini juga sudah sangat diyakini bisa mengurangi gejala dari osteorarthritis. Pengolahan daun dandelion untuk penyembuhan osteoarthritis adalah bisa dengan menyiapkan beberapa lembar daunnya kemudian mencucinya hingga bersih, setelah dicuci Anda bisa merebusnya. Air rebusan daun ini yang bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi gejala osteoarthritis.

5. Daun pandan wangi

Tanaman herbal selanjutnya adalah daun pandan wangi, daun ini juga sangat bisa membantu mengatasi adanya keluhan karena osteoarthritis atau adanya pengapuran pada tulang. Cara pengolahannya, sama dengan pengolahan tanaman-tanaman sebelumnya yaitu dengan cara direbus dan diminum air rebusannya. Konsumsilah dengan rutin agar bisa menjaga kesehatan tulang dan menurunkan gejala osteoarthritis secara bertahap.

6. Kacang kedelai hitam

Selanjutnya adalah obat tradisional arthritis yang bisa Anda olah dari kacang kedelai hitam salah satu jenis kacang-kacangan. Anda bisa menyiapkan kacang kedelai hitam, membersihkannya kemudian merebusnya. Setelah direbus, konsumsilah air dari rebusan kacang kedelai hitam. Tidak aka nada efek samping saat mengkonsumsi ramuan herbal ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

7. Kumis kucing

Kumis kucing adalah tanaman herbal yang mempunyai Bunga yang canti dan mempunyai tampilan mirip dengan kumis kucing yang berwarna putih. Dibalik bentuknya yang dinilai cukup unik, kumis kucing juga diyakini bisa menjadi salah satu obat herbal untuk mengatasi masalah pada tulang dan juga persendian. Cara pengolahannya sama saja seperti obat herbal sebelumnya, yaitu Anda tingga menyiapkan daun kumis kucing kemudian merebusnya. Lalu air rebusannya bisa Anda konsumsi dengan rutin untuk mengatasi masalah pengapuran pada tulang dan juga  persendian.


8. Daun sirsak

Daun sirsak juga sudah sangat terkenal sebagai salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan oleh penyakit yang berhubungan dengan masalah sendi dan juga tulang khususnya pada keluhan osteoarthritis. Anda bisa menyiapkan daun sirsak kemudian merebusnya, tunggu atau diamkan beberapa saat kemudian Anda bisa mengkonsumsinya dengan rutin sehari 2 kali.

9. Daun seledri

Seledri adalah salah satu daun yang biasanya selalu ditambahkan sebagai salah satu bahan pada makanan untuk pembuatan sop dan yang lainnya. Namun tahukah Anda? Ternyata seledri juga bisa menjadi salah satu daun yang bisa mengatasi adanya keluhan osteroarthritis secara tradisional, herbal dan juga alami. Caranya adalah dengan mengkonsumsi langsung seledri tanpa harus direbus terlebih dahulu.

10. Kulit manggis

Saat Anda mengkonsumsi buah manggis tentu saja Anda bisa merasakan rasa nya yang segar dan juga manis, namun Anda sebaiknya tidak hanya menikmati buahnya saja, karena kulit pada buah manggis juga sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya masalah pengapuran yang terjadi pada tulang dan masalah sendi lainnya. Anda tingga menyiapkan kulit manggis kemudian menjemurnya sampai benar-benar menjadi kering, Kemudian, setelah kering Anda bisa memblendernya. Anda bisa memanfaatkan bubuk kulit manggis  dengan cara diseduh menggunakan air hangat, tambahkanlah madu agar memberikan efek rasa manis.

11. Temulawak

Temulawak adalah salah satu bahan yang sudah dikenal sebagai salah satu bahan tradisional yang bisa menjadi penambah nafsu makan. Namun, selain itu temulawak juga ternyata bermanfaat untuk bisa mengatasi adanya masalah pada tulang dan juga persendian dengan cara alami. Anda bisa mengkonsumsi temulawak dengan cara diseduh menggunakan air panas, kemudian tambahkan madu sebagai pemanisnya.


12. Rimpang jahe

Saya yang tidak mengenal rempar satu ini? Jahe adalah salah satu rempah yang sudah dikenali oleh banyak orang. Manfaatnya juga sangat melekat karena biasa dijadikan sebagao salah satu obat tradisional. Jahe memiliki kandungan sangat lengkap untuk bisa mengurangi adanya keluhan karena osteoarthritis. Cara pengolahannya sangatlah mudah, Anda bisa menumbuk dan mengoleskan pada sendi yang sakit atau Anda juga bisa merebusnya kemudian meminumnya dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Tanaman ini juga tidak akan sulit Anda dapatkan, karena sudah sangat banyak dijual dipasaran.

Itulah 12 obat tradisional osteoarthritis yang dapat Anda manfaatkan dan Anda konsumsi. Mengkonsumsi jenis obat tradisional untuk mengurangi adanya keluhan penyakit ini tidak akan memberikan efek samping seperti pada obat medis, karena kandungan yang ada di dalamnya bersifat herbal dan juga sangat alami.

Jika Anda mengunjungi dokter biasanya dokter akan melakukan diagnose penyakit dengan beberapa cara, seperti melakuka rontgen sehingga akan terlihat kartilagonya. Dokter juga bisa saja melakukan pemeriksaan MRI yaitu salah satu pemeriksaan yang menggunakan gelombang radio dan juga gelombang magnet untuk bisa menghasilkan gambaran yang lebih detai pada bagian jaringan lunak termasuk pada kartilago. Untuk pemeriksaan labolatoriumnya biasanya dokter akan melakukan tes darah agar bisa tahu apa yang menjadi penyebab Anda mengalami nyeri pada persendian. Selanjutnya dokter juga kemungkinan akan melakukan analisis cairan menggunakan jarum agar bisa mengambil cairan sendi dari sendi yang terserang. Pemeriksaan cairan ini akan menjadi salah satu penentu apakah ada inflmasi pada persendian atau tidak.

Itulah informasi mengenai osteoarthritis, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 21st, November 2017 / 09:13 Oleh :
Kategori : Pengobatan