Sponsors Link

9 Ciri-Ciri Penyempitan Tulang Belakang Paling Berbahaya

Sponsors Link

Ciri-ciri penyempitan tulang belakang tanda adanya tekanan pada syaraf yang dapat menyebabkan kram dan nyeri di bagian tulang belakang. Penyebab sakit tulang belakang tengah beraneka ragam. Penyakit penyempitan tulang ini juga dikenal dengan nama Spinal Stenosis. Bagian tulang belakang yang mengalami penyempitan dengan timbul rasa nyeri pada umumnya berada di bagian atas yaitu tulang punggung sakit dan bagian bawah tulang.

ads

Cabang syaraf seringkali megalami pengeluaran dari daerah kompresi. Penyempitan pada tulang belakang terjadi akibat penyempitan ruang pada tulang. Gejala penyempitan tulang belakang akan terjadi perlahan. Rasa sakit akan muncul bertahap hingga syaraf semakin tertekan. Berikut ciri-ciri penyempitan tulang belakang yang dialami seseorang dan sangat mengganggu:

  • Kram pada Kaki- Jika kita mengalami rasa kram secara terus menerus pada kaki ketika melakukan aktivitas seperti berjalan, bersepeda, berlari dan berdiri. Rasa kram dapat diminimalisir dengan istirahat duduk atau membungkukan badan ke arah depan.
  • Kram pada Punggung- Kram punggung kerap kali dialami saat melakukan aktivitas yang berat. Jika hal tersebut terlalu sering dialami akan berdampak tidak baik untuk tubuh. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan bungkuk ke arah depan.
  •  Kesemutan pada Kaki- Kesemutan kerap kali dialami pada bagian kaki. Kaki yang mengalami kesemutan akan merasakan mati rasa sejenak. Peredaran yang tidak lancar mejadi salah satu penyebab hal tersebut terjadi.
  • Kesemutan Telapak kaki- Kesemutan pada telapak kaki akan merasakan mati rasa sejenak. Pergerakan perlahan dan meluruskan bagian kaki saat duduk akan membantu pemulihan lebih cepat.
  • Kesemutan pada Lengan- Kesemutan pada lengan akan dirasakan sejenak. Tindakan meluruskan tangan akan sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang diderita oleh pasien.
  • Kesemutan pada Telapak Tangan- Kesemutan pada telapak tangan dapat diringankan dengan cara menghentikan aktivitas sejenak. Tangan dan telapak tangan diluruskan sehingga dapat mengurangi mati rasa yang terjadi.
  • Kaki Terasa Berat- Kaki akan merasakan berat dan lemah saat beraktivitas. Pergerakan cukup sulit dilakukan akibat rasa berat yang dialamiKehilangan Keseimbangan- Penderita dapat mengalami kehilangan keseimbangan pada beberapa saat. Hal tersebut harus diwaspadai dan segera konsultasi kepada dokter.
  • Terganggunya Fungsi Kandung Kemih dan Usus- Kandung kemih kerap kali mengalami gangguan fungsi. Ini merupakan salah satu gelaja yang telah mengganggu fungsi organ tubuh
  • Nyeri pada Leher, Bahu, dan Pinggul – Rasa sakit pada leher, bahu, dan pinggul yang sering menyerang akan sagat mengganggu aktivitas. Hal tersebut harus diwaspadai dan diperiksa ke tenaga medis.

Penyempitan tulang belakang dapat dialami oleh berbagai genre diantaranya pria maupun wanita. Usia lebih dari 50 tahun memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit ini. Faktor penyebab lain juga dapat menimbulkan terjadinya penyempitan pada tulang belakang. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya penyempitan tulang belakang:

1. Penuaan

Penyempitan tulang belakang pada kondisi orang dengan usia yang tua akan memiliki resiko yang lebih besar. Penyembung atar ruas tulang dengan perlahan mengeras seiring dengan penambahan usia. Jaringan penyambung tersebut menjadi membesar dan menebal sehingga menekan area tulang belakang. Penonjolan juga bisa saja terjadi pada jaringan penyambung tulang belakang sehingga formasi tulang menjadi terganggu. Penekanan yang terjadi memicu peyempitan tulang belakang.

2. Artritis

Artritis adalah radang pada bagian sendi yang mengakibatkan rasa sakit. Pada kasus penyakit penyempitan tulang belakang, artriris dapat menjadi salah satu penyebab. Artritis yang dapat menyebabkan penyempitan ada dua jenis. Jenis yang pertama ada osteoartritis. Osteoartritis akan menyebabkan pembengkakan dan rasa kaku pada sendi. Jenis yang kedua adalah Rheumatoid artritis dimana pada penderitanya mengalami peradangan sendi yang kronis. Gejala kaku dan juga pembengkakan dialami oleh penderita.

Sponsors Link

3. Faktor Keturunan

Faktor keturunan adalah salah satu penyebab adanya penyakit penyempitan pada sendi. Pada beberapa kasus kelahiran diketahui bahwa bayi memiliki rongga pada tulang belakang yang kecil. Tulang belakang yang kecil dapat menyebabkan resiko penyempitan saat masa pertumbuhan dan juga perkembangan. Kasus penyempitan tulang belakang yang ditemui pada anak usia muda, salah satunya dikarenakan faktor genetik.

4. Kelainan Tumor di Tulang Belakang

Tumor adalah kumpulan dari sel dan jaringan yang tumbuh secara abnormal. Sel dan jaringan tersebut berkembang secara tidak terkendali. Kolom tulang dan tulang akan mengalami kerusakan yang sulit dikendalikan. Kerusakan tersebut akan berdampak pada penyempitan tulang belakang.

5. Kerusakan pada Tulang Belakang

Kerusakan pada tulang dapat terjadi karena kecelakaan kendaraan, terjatuh, dan lain – lain. Tulang yang mengalami patah atau dislokasi bisa masuk ke area rongga di tulang belakang.

6. Penyakit Paget’s, Achondroplasia, dan Skoliosis

Penyakit – penyakit tersebut merupakan penyebab langka dari penyempitan tulang. Cara pengobatan skoliosis bisa dilakukan sebaikan konsultasi dengan dokter terkait berbagai macam gejala dan pengobatan.

Sponsors Link

Cara Mengobati Penderita Penyempitan Tulang Belakang

Penyebab tulang ngilu yang dirasakan dapat menjadi tanda untuk dilakukan pemeriksaan kasus penyakit penyempitan tulang. Berikut adalah langkah – langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui kepastian penderita penyakit penyempitan tulang belakang:

  1. Penggunaan Sinar X
  2. Penggunaan MRI (Magnetic resonance imagin)
  3. Penggunaan CAT (Computerized axial tomography)
  4. Penyuntikan Myelogram
  5. Scan Tulang

Jika telah diketahui kepastian penderita mengalami penyempitan pada tulang belakang. Berikut adalah pengobatan yang dapat dilakukan.

  1. Konsumsi Obat untuk Mengurangi Bengkak
  2. Konsumsi Obat Penawar Rasa Sakit
  3. Istirahat dan Pembatasan Aktivitas
  4. Latihan dan Terapi

Demikian artikel mengenai ciri-ciri penyempitan tulang belakang, semoga pembahasan ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 24th, October 2017 / 06:57 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang