Sponsors Link

Sakit Tulang Belakang Atas? Ketahui 12 Dampak Buruknya

Sponsors Link

Sakit tulang belakang atas biasanya diikuti oleh rasa terbakar, kram dan tegang pada bagian bahu, leher, dan kepala yang membuat penderita tidak nyaman. Rasa sakit dalam jangka waktu yang lama akan menjalar pada bagian tubuh lain. Aktivitas akan menjadi terhambat. Rasa nyeri yang ditimbulkan dapat dirasakan pada saat duduk, berdiri, bahkan saat melakukan aktivitas. Cara mengobati sakit tulang belakang atas harus dikonsultasikan resiko dan tingkat keparahannya. Apabila dirasakan jangka panjang, rasa sakit akan menjalar ke seluruh tubuh. Banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri pada tulang belakang atas. Berikut adalah berbagai hal yang menjadi penyebab tulang belakang sakit pada tulang belakang:

1. Kurang Olahraga

Gerakan fisik sangat bermanfaat untuk melatih otot – otot tubuh. Otot yang terlatih akan dapat menopang tubuh dengan baik. Otot – otot yang kurang olahraga akan menjadi lemah sehingga kemampuannya berkurang untuk menyokong struktur tubuh dengan baik. Salah satunya adalah rasa nyeri pada tulang belakang atas. Olahraga untuk kardiovaskular sangat dibutuhkan untuk melatih otot dan organ. Olahraga tersebut sebaiknya dilakukan selama dua hingga tiga kali seminggu sehingga dapat menghindarkan tubuh pada sakit di bagian tulang belakang atas. Jantung menjadi terlatih dan lebih sehat. Otot tulang belakang dan otot perut menjadi lebih kuat dan sehat. Peregangan yang dilakukan dengan benar dan rutin dapat mengurangi rasa sakit yang timbul secara perlahan. Yoga merupakan salah satu terapi yang sering dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri pada tulang punggung atas.

2. Cedera pada Jaringan

Salah satu penyebab yang paling umum pada penderita tulang belakang bagian atas adalah adanya kecelakaan yang terjadi. Kecelakaan dapat menyebabkan terjadinya cedera pada jaringan lunak di tulang belakang atas. Jaringan otot, ligamen atau tendon memiliki resiko masalah yang menyebabkan rasa sakit. Jaringan syaraf juga dapat terpengaruh sehingga nyeri pada tulang belakang atas mampu menjalar.

3. Posisi Duduk yang Buruk

Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan resiko sakit pada tulang belakang atas. Pada umumnya penderita yang mengalami sakit atau nyeri di bagian tersebut memiliki kebiasaan yang buruk saat duduk. Posisi duduk yang salah yakni membungkuk, kepala condong ke depan, menunduk. Posisi menduduk akan membuat tulang belakang menjadi menahan beban lebih berat. Kepala yang terlalu condong ke depan membuat posisi tulang menjadi kurang begitu baik. Menunduk terlalu lama akan beresiko nyeri pada otot. Cara mengobati pengapuran pada leher harus diketahui sehingga bisa dilakukan penanganan dan pencegahan yang tepat.

4. Waktu Duduk yang Terlalu Lama

Duduk yang terlalu lama dapat membuat syaraf menjadi kejang dan menimbulkan rasa nyeri. Zona nyaman untuk main gadget dan komputer ini menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan masa kini. Hal terbaik yang bisa dilakukan yaitu melakukan gerakan – gerakan ringan yang dapat dilakukan saat duduk. Peregangan – peregangan ringan akan melemaskan otot dan syaraf yang tegang. Jika dilakukan secara rutin dapat mengurangi resiko sakit yang akan timbul pada tulang belakang bagian atas

5. Tendonsitis

Tendonsitis adalah kondisi yang sangat tegang pada bagian tendon. Tendon adalah bagian penghubung yang berada diantara tulang dan otot. Saat tendon merasakan ketegangan yang berlebihan maka akan timbul rasa nyeri.

6. Patah Tulang Pada Selangka

Patah tulang pada selangka diakibatkan jatuh, kecelakaan, dan lain – lain. Tulang selangka yang patah dapat memicu timbulnya rasa sakit pada anggota tubuh lain. Salah satu anggota tubuh yang beresiko ditimbulkan rasa sakit yaitu tulang belakang bagian atas.

7. Berat Badan Berlebih

Seseorang yang menderita berat badan berlebih beresiko untuk menimbulkan tekanan dan beban pada otot dan tulang. Otot dan tulang yang memiliki beban lebih dari kemampuannya akan merasakan tekanan. Tekanan yang terlalu kuat akan menimbulkan rasa sakit ataupun nyeri terutama pada tubuh bagian leher dan tulang belakang atas.


8. Sepatu yang Tidak Mendukung Gerak Tubuh

Seiring dengan berkembangnya zaman sepatu memiliki berbagai model dan merk. Model sepatu yang saat ini gemar digunakan yakni sepatu yang membuat postur tubuh tampak lebih ideal. Orang seringkali tidak peduli akan kesehatan, namun lebih peduli akan penampilan. Sepatu – sepatu yang memiliki hak akan menimbulkan masalah pada tulang belakang bagian atas jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sepatu biasa dengan permukaan yang datar saja beresiko menyebabkan rasa sakit akibat bentuk lengkungan yang kurang tepat. Apalagi pada sepatu hak yang dapat menyebabkan kaki dan punggung menopang tubuh lebih berat. Tumpuan tubuh yang berat sangat beresiko dalam terjadinya rasa nyeri di bagian tulang belakang atas.

9. Tempat Tidur Kurang Baik

Tempat tidur dengan kondisi yang kurang baik dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat istirahat. Kasur yang tidak melengkung ke dalam saat tidur menandakan kasur tersebut masih berada dalam keadaan yang baik. Apabila kasur sudah melengkung ke dalam, maka kasur sudah sebaiknya dilakukan pergantian. Tubuh yang melengkung akan menimbulkan resiko rasa sakit bila dilakukan dalam jangka panjang.  Salah satu cara terhindar dari rasa sakit di bagian tulang belakang atas adalah membiarkan tubuh saat berbaring bersentuhan langsung dengan kasur tanpa adanya celah. Penyokongan tubuh yang tidak baik di kasur akan berakibat nyeri jika dijadikan kebiasaan. Hal yang dapat dilakukan adalah memilih jenis kasur yang dapat menopang tubuh dengan sempurna.

10. Beban Punggung yang Terlalu Berat

Beban tubuh yang sangat berat akan membuat tulang belakang atas menumpu tekanan besar. Hal ini sering terjadi terutama pada orang yang membawa beban berat. Misalnya pada tas dengan berat berlebih, apabila ditumpu oleh tubuh dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan rasa sakit pada punggung. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah membawa barang secukupnya dan menyimpan barang yang tidak dibutuhkan, sehingga resiko nyeri pada tulang belakang atas dapat diminimalisir.

11. Kehamilan

Kehamilan menyebabkan wanita memiliki bobot tubuh yang berlebih. Penambahan berat yang terjadi akan memberikan tekanan yang dapat menyebabkan rasa nyeri selama kehamilan. Rasa nyeri tersebut disertai dengan sensasi terbakar. Seorang wanita yang memiliki postur tubuh yang kurang baik akan beresiko merasakan nyeri yang lebih parah.

12. Infeksi Ginjal

Infeksi pada ginjal dapat menyebabkan nyeri di bagian tulang belakang atas. Permasalahan lain pada ginjal dapat mengakibatkan nyeri timbul sebagai penyebab tulang belikat sakit. Infeksi pada ginjal terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Menjaga kebersihan dan kesehatan menjadi hal penting sehingga mengurangi resiko infeksi.

13. Osteoporosis

Osteoporosis yakni berkurangnya kepadatan tulang. Tulang yang kehilangan kekuatannya menyebabkan rasa nyeri jika diberi beban. Konsumsi suplemen dan makanan yang mengandung nutrisi tulang akan menjaga tubuh dari resiko osteoporosis. Osteoporosis disebabkan karena berbagai faktor diantaranya adalah gaya hidup dan genetik. Penyakit ini dapat dicegah dengan konsultasi kepada dokter. Cara mencegah osteoporosis adalah dengan mengukur kepadatan tulang secara rutin sehingga membantu pemantauan kondisi tubuh terhadap resiko Osteoporosis. Penyakit itu sehingga bisa dicegah sejak dini.

14. Stress dan Depresi

Depresi dan stress dapat menjadi pemicu sakit pada tulang belakang atas. Orang yang sering mengalami stress dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di punggung. Stress tidak hanya menjadi penyebab untuk rasa sakit di tulang belakang atas. Stress juga dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit di dalam tubuh. Pikiran yang tidak sehat dapat menurunkan imunitas dalam tubuh. Imunitas yang menurun akan menyebabkan tubuh mudah diserang oleh berbagai penyakit dar luar.

15. Penyakit Jantung

Salah satu gejala penyakit serangan jantung adalah menderita sakit pada bagian tulang belakang atas. Penyakit serangan jantung diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat dan kurangnya olahraga. Olahraga dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat dan melatih jantung menjadi lebih kuat.

Akibat Sakit Tulang Belakang Atas

Sakit pada tulang belakang atas tidak dapat diremehkan. Sakit tersebut akan menyebabkan berbagai penyakit komplikasi atau berbagai gangguan pada anggota tubuh lainnya. Berikut adalah akibat yang bisa dirasakan jika terjadi sakit pada bagian tulang belakang atas:


1. Ketegangan pada Otot

Nyeri pada tulang belakang atas dapat menyebabkan ketegangan pada otot. Otot punggung yang kencang atau terlalu tegang akan menimbulkan rasa nyeri. Peregangan dapat membantu otot pada tulang punggung atas menjadi lebih kendur atau lebih lentur.

2. Kerusakan pada Tulang Belakang Atas

Kerusakan pada tulang belakang dapat terjadi ketika tulang semakin rapuh dan rentan terhadap berbagai tekanan. Resiko parah seperti pecahnya ruas tulang belakang akan memberikan rasa sakit seperti terbakar. Kerusakan tulang belakang dapat dicegah melalui penanganan yang tepat.

Cara mengatasi sakit dibagian tulang belakang atas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi sakit tulang belakang atas.

  1. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Nyeri
  2. Kompres dengan Es
  3. Istirahat Cukup
  4. Mandi dengan Air Hangat
  5. Penyembuhan Berbagai Penyakit yang Menjadi Penyebab Sakit.
  6. Menghindari Aktivitas Berat
  7. Kompres air hangat
  8. Olahraga Teratur
  9. Menghindari Depresi atau Stress Berlebih
  10. Pijatan Ringan

Demikian ulasan artikel tentang sakit tulang belakang atas yang bisa anda ketahui, supaya anda tidak mengalami penyakit tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 24th, October 2017 / 06:10 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang