Sponsors Link

5 Jenis Makanan Penambah Sumsum Tulang Paling Lezat Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Sumsum tulang merupakan jaringan lunak yang terdapat pada rongga interior tulang dan menjadi tempat produksi terbesar sel darah baru. Sehingga, seseorang yang mengalami masalah pada sumsum tulang tentu berakibat pada produksi darah merah. Kondisi ini disebut dengan anemia aplastik, salah satu cara yang mudah menangani kondisi tersebut yakni mengkonsumsi makanan penambah sumsum tulang. Banyak sekali makanan yang dapat membantu memulihkan sumsum, minimal adalah yang mampu membuat peningkatan sel darah merah.

ads

Mengapa harus konsumsi makanan penambah sumsum tulang untuk pemulihannya? Tentu, karena langkah ini cukup mudah di temui. Perlu diketahui bahwa salah satu peran sumsum tulang yakni sebagai sistem transportasi dan sistem pertahanan tubuh.

Berikut daftar makanan penambah sumsum tulang yang bisa anda coba:

  1. Susu

Satu daftar menu yang masuk kategori penambah sumsum tulang yaitu susu. Minuman yang satu ini memang menjanjikan nutrisi lebih besar di bandingkan air putih, meskipun mineral juga sangat penting sekali. Susu yang bisa di konsumsi bisa dari hasil hewani seperti sapi atau kambing secara langsung yang telah mengalami sterilisasi atau yang instan seperti sudah masuk tangan industri pabrik dan Anda bisa cari tau manfaat selengkapnya pada khasiat susu untuk tulang berikut.

Semua jenis susu steril ini sama-sama mengandung nutrisi yang cukup lengkap, diantaranya yakni seperti kalsium, vitamin D, fosfor, zinc, kalium, niasin, lemak protein, multivitamin B, riboflavin, dan magnesium. Semua nutrisi yang di sebutkan sangat bagus menunjang kesehatan tulang, terutama sumsum dalam tubuh. Disamping itu susu membangun otak lebih cerdas dan lebih berkembang cepat.

Banyak sekali manfaat ketika anda mengkonsumsi susu setiap hari selain hanya menambah sumsum tulang. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memperkokoh Pertumbuhan Tulang

Kandungan kalsium dalam susu menjamin kepadatan tulang tubuh. Sehingga mereka yang mengonsumsi lebih cepat tumbuh ke atas di banding yang sama sekali tidak mengkonsumsi. Hal ini dikarenakan susu ini juga termasuk ke dalam salah satu vitamin penguat tulang dan sendi yang paling dianjurkan.

  • Mencegah Osteoporosis

Sudah pasti kalau susu akan menghambat terjadinya osteoporosis, penyakit tulang yang menyerang usia 50 tahunan. Tetapi jika dari sekarang tidak menerapkan hidup sehat, tentu tak menutup kemungkinan usia muda rentan terserang. Jika ingin mengetahui teknik pencegahannya lebih lengkap, silahkan ikuti cara mencegah osteoporosis secara alami sejak dini berikut.

Selain susu, anda juga bisa mengkonsumsi makanan atau minuman olahan lainnya seperti Yogurt, Keju, Mentega dan lainnya yang menggunakan susu.

  1. Lobak

Lobak atau sayuran yang di sebut wortel merah dan atau wortel putih ini mempunyai kasiat efektif sebagai penambah sumsum tulang. Didalam lobak terdapat kalsium yang di hasilkan dalam jumlah 200 mg setiap batang. Mengkonsumsi lobak rutin akan memenuhi asupan nutrisi sumsum tulang harian anda. Oleh karena itulah, Lobak ini juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tubuh.

  1. Sayuran Kol
Sponsors Link

Kol atau sayuran yang mirip dengan brokoli ini sering kita jumpai pada hidangan seperti cap cay, sup, siomay dan masih banyak lagi. Ternyata, selain enak kol mempunyai kandungan gizi yang mampu menambah sumsum tulang. Sayuran ini juga rendah kalori, sehingga baik di konsumsi. Kol mempunyai kandungan kalsium tinggi yakni 90 mg. Akan tetapi Anda juga harus tetap waspada, dikarenakan kol termasuk salah satu makanan penyebab nyeri sendi yang wajib di hindari.

  1. Sumsum Tulang Sapi

Makanan Penambah Sumsum Tulang lainnya yakni berasal dari hewani. Sapi mempunyai sumsum yang bisa di konsumsi oleh manusia dan rasanya sangat lezat. Dengan rutin memakan sumsum tulang sapi yang sudah di olah akan membantu tulang meningkatkan sumsum tulang tubuh anda secara berkala. Hal ini karena sumsum dari tulang sapi mempunyai kandungan kalsium yang masih sangat bagus dan dikatakan lebih sempurna di bandingkan makanan lain. Sedikitnya sumsum tulang sapi mampu menyediakan 40x lebih banyak kalsium dibandingkan susu sapi.

  1. Sayuran Bayam
Sponsors Link

Bayam adalah sayuran hijau yang hampir setiap hari tidak luput dari menu harian, meski tidak selalu setiap hari di konsumsi. Namun semakin sering memakan sayuran bayam justru semakin baik. Selain kandungan zat besi yang mampu membuat tulang kokoh, bayam mempunyai nutrisi lainnya seperti kalsium yang tidak bisa lagi di remehkan. Tidak hanya itu, bayam ini ternyata juga termasuk ke dalam jenis sayuran untuk rematik paling bagus dan sangat di rekomendasikan.

Anda bisa mengolah bayam menjadi sayuran bening yang di campur jagung agar semakin manis, atau bisa juga anda memasak bayam sebagai urap-urap lebih menyehatkan. Bayam adalah makanan empat sehat lima sempurna yang harus anda konsumsi. Kandungan kalsium yang bisa di hasilkan yakni 200 mg. Sayuran ini sangat cocok mengembangkan sumsum tulang dalam tubuh agar menjadi baik.

  1. Kelapa Kering

Kelapa termasuk dalam daftar buah-buahan yang memberikan kesegaran dari airnya. Sedangkan buahnya untuk campuran es atau menghasilkan santan untuk memasak jika usianya sudah menjadi kelapa tua. Di sisi lain itu semua, kelapa mempunyai manfaat penting. Salah satunya meningkatkan sumsum tulang, khususnya pada jenis kelapa kering.

Itulah daftar makanan penambah Sumsum Tulang yang bisa anda coba supaya kejadian seperti cedera sumsum tulang belakang maupun kerusakan sumsum tulang belakang dapat di atasi atau dicegah supaya kondisi tubuh tetap sehat sehingga nyaman untuk beraktifitas.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 08th, May 2018 / 14:11 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman