Sponsors Link

8 Susu Untuk Pengapuran Tulang yang Bagus Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Tulang yang kokoh akan menjamin tubuh kita akan bisa tegap berdiri dan mudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tetapi, tulang tidak bisa selamanya terus-menerus akan tetap kokoh, terutama apabila kita lalai dalam merawat tulang dan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan.Zat-zat tersebut bisa di dapat melalui konsumsi makanan yang baik untuk persendian tulang, kemudian juga bisa dari memakan buah yang baik untuk tulang keropos, kemudian meminum susu untuk pengapuran tulang, dan juga makanan-makanan yang baik untuk pertumbuhan tulang lainnya.

ads

Apabila dibiarkan tidak terawat dan kurang dalam mengkonsumsi zat yang dibutuhkan, tulang kemungkinan besar akan mengalami apa yang disebut sebagai pengapuran yang bisa muncul tanpa terasa ada gejala sama sekali.Faktor-faktor penyebab yang dapat menimbulkan pengapuran pada tulang tersebut antara lain adalah:

  1. Timbulnya peradangan pada sendi dan tulang akibat lapisan tulang keropos
  2. Faktor usia atau penuaan
  3. Faktor kelebihan berat badan/kegemukan
  4. Kelainan pada tulang dan sendi
  5. Kekurangan kalsium

Lapisan tulang bisa menjadi keropos apabila konsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat yang dibutuhkan kurang, sementara faktor usia bisa menyebabkan menurunnya kondisi tulang, terutama yang tidak terawat sehingga lapisan tulang menipis. Namun konsumsi kalsium juga perlu untuk anda perhatikan, karena apabila terlalu banyak dan berlebihan akan menimbulkan penyakit kelebihan kalsium yang disebut sebagai Hiperkalsemia dimana nantinya berpeluang menimbulkan batu ginjal, bibir pecah-pecah, kulit terasa kering, dan mudah lelah serta melemahnya otot.

Selain itu, Hiperkalsemia juga akan mengganggu fungsi jantung, ginjal, menyebabkan mual-mual dan muntah, mudah haus, hingga pada kondisi terparah, Hiperkalsemia juga dapat menyebabkan penderita mengalami koma. Kadar kalsium yang normal di dalam tubuh adalah sekitar 9-11 mg/dl dan pada setiap asupan dianjurkan untuk mengkonsumsi 500 mg kalsium guna menjaga kadar tersebut tetap normal. Kembali lagi kepada pengapuran, kondisi ini sagat sering terjadi pada penderita Osteoarthritis dan juga penyakit Arthritis Reumatoid yang biasanya timbul akibat terjadinya peradangan pada sendi tulang.

Osteoarthritis sendiri terjadi karena adanya kerusakan pada sendi tulang dan belum benar-benar bisa dipastikan apa penyebab pastinya oleh ahli medis, sementara Arthritis Reumatoid terjadi apabila sistem imun tubuh menyerang membran Synovium yang melapisi persendian. Lama-kelamaan membran tersebut akan terkikis yang menyebabkan terkikis dan melemahnya lapisan otot yang menjadi pelindung antar tulang, sehingga akhirnya tulang akan beradu. Meskpun diketahui proses awal mula terjadinya Arthritis Reumatoid, tetapi ahli medis juga masih belum dapat menemukan jawaban tentang mengapa sistem imun bisa tiba-tiba menyerang area persendian. Adapun beberapa gejala yang biasanya muncul apabila anda memiliki masalah pengapuran tulang antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Otot dan sendi terasa kaku yang membuat anggota tubuh yang terkena akan sulit untuk digerakkan,
  2. Apabila anda terkena Arthritis Reumatoid, biasanya akan ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada area tubuh yang sudah mengikis membran Synovium-nya.
  3. Lebih mudah letih dan lelah, dikarenakan anda mengeluarkan tenaga lebih besar untuk beraktivitas akibat dari adanya pengapuran pada sendi.
  4. Sendi terasa nyeri dan berlangsung lebih dari 3 hari merupakan salah satu indikasi yang jelas kalau memang anda mengalami pengapuran pada tulang serta sendi.
  5. Munculnya benjolan kecil pada area sendi dan tulang yang bermasalah, yang juga sering disebut sebagai osteofit, dimana ada tulang kecil yang tumbuh di area yang bermasalah.
  6. Terdengar bunyi-bunyian pada saat menggerakkan persendian juga merupakan indikasi bahwa tulang serta sendi di dalam tubuh anda sedang mengalami pengapuran dan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter
  7. Badan dan beberapa anggota tubuh sulit untuk digerakkan dan kehilangan rentang gerak serta menjadi kurang fleksibel juga merupakan tanda-tanda pengapuran yang perlu untuk anda waspadai.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya pengapuran, mulai dari gaya hidup, kebiasaan buruk, pola makan, dan lain sebagainya yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Faktor jenis kelamin. Wanita cenderung lebih mudah mengalami pengapuran tulang dibandingkan pria.
  2. Faktor pekerjaan. Seseorang yang bekerja di bidang yang memerlukan tenaga fisik berulang-ulang akan lebih mungkin terkena pengapuran.
  3. Faktor obesitas. Kelebihan berat badan juga merupakan salah satu sebab seseorang terkena pengapuran tulang.
  4. Faktor merokok. Rokok yang memang sangat berbahaya, juga memiliki risiko cukup tinggi dalam menyebabkan terjadinya pengapuran tulang.

Tentunya bukan berarti pengapuran tulang tersebut menjadi kondisi yang sudah pasti terjadi di dalam hidup kita, karena masih banyak yang bisa dilakukan untuk menghindari terkena kondisi tersebut, dimana salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu untuk pengapuran tulang yang sudah terbukti dan dianjurkan. Pada artikel kali ini, kami akan lebih menitikberatkan pada jenis dan merek susu apa saja yang tergolong ke dalam susu untuk pengapuran tulang yang baik dan aman dikonsumsi.

Berikut beberapa jenis dan merek tersebut untuk anda ketahui:

1. Susu Boneeto

ads

Produk susu yang ditargetkan untuk konsumen anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan ini mengandung kalsium beserta 25 nutrisi tambahan lainnya yang bagus dalam membentuk serta menjaga pertumbuhan tulang anak.

2. Susu HiLo Platinum

Susu untuk pengapuran tulang yang satu ini juga bukan merupakan nama yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Disajikan dalam beberapa varian rasa, salah satunya adalah rasa cokelat swiss yang selain sedap rasanya juga berkalsium dan juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

3. Susu Prosteo Plus

Produk yang memang dikhususkan untuk tulang ini juga memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga tidak menyebabkan terjadinya peningkatan kadar zat tersebut di dalam tubuh. Selain mengandung kalsium dan rendah lemak (low-fat), susu ini juga aman dan bahkan baik untuk dikonsumsi karena juga mampu untuk menjaga kesehatan dari sistem pencernaan di dalam tubuh anda.

4. Susu Entrasol

Susu sereal yang satu ini memiliki kandungan kalsium, serat, dan juga vitamin D yang tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi tidak hanya oleh mereka yang memiliki masalah dengan tulang atau ingin menjaga kesehatan tulang saja, tetapi juga untuk mereka yang memiliki masalah pada sistem pencernaan.

5. Susu Anlene

Produk susu pengapuran tulang yang satu ini memang merupakan salah satu pionir dan juga spesialis susu yang berkalsium tinggi dan baik untuk tulang, serta memiliki banyak varian produk seperti Anlene Gold yang dikhususkan untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas, lalu ada Anlene Actrifit dan juga Anlene total yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Anlene Total merupakan susu yang dikhususkan untuk mereka yang memiliki masalah pada area persendian dan tulang, sementara Anlene Actrifit lebih kepada perlindungan menyeluruh bagi semua kalangan dan kelompok usia.

6. Susu Sapi

Susu pengapuran tulang yang paling alami tentunya adalah susu sapi murni yang belum diolah sehingga kadar kalsium di dalamnya masih sangat tinggi, dan sangat baik bagi anda yang sedang mengalami kondisi kekurangan kalsium dan gejala pengapuran.

7. Susu Keju

Susu keju merupakan campuran antara susu sapi mutni dengan keju yang masih belum diolah, dimana keduanya memiliki kandungan zat serta nutrisi yang bisa dibilang serupa, sehingga akan sangat baik apabila mengkombinasikan keduanya.

8. Susu Kambing

Tidak hanya susu sapi saja yang memiliki manfaat tinggi dalam memberikan asupan kalsium bagi tubuh, susu kambing pun demikian. Salah satu produk susu kambing yang dianjurkan adalah susu kambing etaku yang memiliki kandungan 100% susu dari kambing yang berjenis Etawa. Kambing Etawa ini berasal dari daerah Jamnapari di India, dimana di sini juga banyak diternakkan serta dikembangbiakkan, dan dikenal karena kadar kalsiumnya yang tinggi dibandingkan kambing jenis lainnya. Tentunya selain mengkonsumsi produk susu yang kami sebutkan di atas, Anda juga harus memastikan bahwa kadar kalsium di dalam tubuh berada di rentang normal supaya tidak terjadi kelebian kalsium (Hiperkalsemia) yang justru akan membahayakan diri anda.

Sponsors Link

Kemudian cobalah untuk menghindari konsumsi atas makanan-makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan pengapuran tulang, dan bagi anda yang sedang menderita pengapuran, bisa coba mengkonsumsi 38 makanan untuk penderita pengapuran tulang yang baik untuk anda konsumsi. Lalu bagi anda yang belum tahu khasiat kurma untuk tulang, cobalah untuk mengkonsumsi buah yang mengandung gizi yang sangat tinggi tersebut karena memang baik untuk menjaga kesehatan tulang di tubuh anda. Anda juga sebaiknya mulai membiasakan diri untuk melakukan olahraga untuk pengapuran tulang guna memperbaiki kondisi otot dan sendi serta lapisan tulang seperti sedia kala.

Apabila gejala sudah semakin parah, ada kemungkinan dokter akan menyarankan anda untuk mengikuti serangkaian terapi fisik seperti terapi ortopedi, yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi fisik anda seperti sedia kala. Bisa juga anda akan disarankan mengikuti terapi okupasi, yaitu terapi yang berguna untuk membantu anda dalam mencari gerakan-gerakan alternatif supaya persendian tidak terlalu terbebani dan anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

Dan apabila kondisi pengapuran sudah akut, maka dokter atau ahli medis biasanya akan melakukan suntikan kortison pada area persendian yang bermaslaah guna mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, atau bisa juga langsung melakukan operasi pada persendian apabila dirasa perlu. Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai susu untuk pengapuran tulang berikut penyebab, gejala, dan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya pengapuran yang wajib untuk dihindari.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 24th, November 2018 / 04:09 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman